Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Jakarta mengadakan kegiatan kerjasama Internasional antara Faculty of Electrical Enginering, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan SD Negeri Rawamangun 12 Jakarta Timur pada program Engage Jakarta 2023. Program ini bertujuan untuk memperluas transfer pengetahuan di bidang teknik dan teknologi ke dari UTM Malaysia kepada komunitas global. Kegiatan ini merupakan kegiatan implementasi proyek STEM dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh Faculty of Electrical Engineering, UTM. Kegiatan ini diadakan dalam dua tahap yaitu Workshop Proyek STEM pada perakitan mobil solar dari pihak UTM kepada mahasiswa FMIPA UNJ dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selanjutnya mahasiswa UTM, UNJ, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengajarkan proyek mobil solar kepada Siswa Kelas VI A, B, C, & D, SD Rawamangun 12, Jakarta Timur sebanyak 128 siswa yang dibagi ke dalam 24 kelompok.  

Kegiatan workshop ini difasilitasi oleh dosen UTM,  Associate Prof. Ir. Ts. Dr. Jasrul Jamani dalam memberikan topik Solar serta Workshop Mobil Solar oleh Mahasiswa UTM. Kegiatan EnGage Jakarta 2023 yang dilaksanakan pada Minggu, 26 November 2023 hingga Senin, 27 November 2023 dengan aktivitas sebagai berikut:

  1. Minggu, 26 November 2023, paparan materi Introduction of Solar yang disampaikan oleh Assoc. Prof. Ir. Ts. Dr. Jasrul Jamani Bin Jamian. Materi ini dilanjutkan dengan Workshop proyek mobil solar oleh mahasiswa UTM kepada mahasiswa UNJ dan UIN Jakarta. Sebelumnya mahasiswa melaksanakan kegiatan ice breaking berupa permainan-permainan tradisional Malaysia.
  2. Senin, 27 November 2023, pelaksanaan pembelajaran STEM di SD Negeri Rawamangun 12, tim mahasiswa menyampaikan materi Apa Itu Tenaga Surya? Yang dilakukan pada masing-masing kelas, yaitu kelas VIA, VIB, VIC, dan VID sejumlah 128 siswa. Selanjutkan siswa dibimbing oleh masing-masing tim mahasiswa yang dibagi menjadi enam kelompok tiap kelasnya sehingga ada 24 kelompok untuk merakit  Mobil Solar.

Kegiatan selanjutnya diadakan lomba mobil solar pada aspek desain mobil dan kecepatan mobil yang dilakukan di lapangan SD Negeri Rawamangun 12. Hasil perlombaan memperoleh tiga pemenang terbaik siswa SD kelas VI yang mengikuti kegiatan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si, selaku Dekan FMIPA UNJ berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa dan pembelajaran STEM di sekolah, serta kolaborasi lebih lanjut antara seluruh pihak yang terlibat. Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan Dr.Diana Vivanti (UNJ) dan Salamah Agung, Ph.D (UIN Jakarta) mendukung kegiatan untuk memberikan pengalaman kolaborasi internasional kepada seluruh mahasiswa dan membangun jejaring antar mahasiswa di Indonesia dan Malaysia. Selanjutnya bapak Rosim, S.Pd, M.Si menyatakan kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi guru dan siswa. Siswa bisa berinovasi sesuai imajinasi kelompoknya. Setelah merakit mereka ada yang membuat struktur mobil kijang, lamborgini, bahkan ada yang berimajinasi membuat Tank Baja. Dengan lancar tiap kelompok menarasikan ciptaannya. Kegiatan ini sangat menginspirasi khususnya dalam pembelajaran STEM yang terkait P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam praktek di lapangan sedikit ada kendala saat pembuktian mobil solar bisa bergerak atau berjalan karena matahari sedang mendung, kendala ini teratasi dengan kipas ukuran besar. Kegiatan yang diorganisasikan oleh Dosen-Dosen dan Mahasiswa FMIPA UNJ, FTIK UIN Syarif Hidayatullah, dan Pihak SD Negeri Rawamangun 12 diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa dan siswa sekolah dasar, serta pengembangan pembelajaran STEM di masa yang akan datang.

Lampiran:

Leave a Comment