Pada hari Kamis, 14 Desember 2023, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta menerima kunjungan dari Madrasah Aliyah Istiqlal Jakarta. Rombongan terdiri dari para siswa kelas XI dan perwakilan guru MA Istiqlal Jakarta diterima oleh Duta FMIPA UNJ, serta dihadiri oleh Wakil Dekan III FMIPA UNJ dan seluruh perwakilan koordinator program studi di lingkungan FMIPA UNJ.  

Bertempat di ruang sidang lantai 6 GHA, acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian ucapan selamat datang oleh Wakil Dekan III FMIPA UNJ Dr. Diana Vivanti Sigit M.Si. Selanjutnya, sambutan oleh Bapak Muhammad Sahrul Fakhri S.Pd. selaku Wakil Kepala bidang kurikulum MA Istiqlal.

Acara dilanjutkan dengan menampilkan video profil pendaftaran kuliah di FMIPA UNJ yang bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap bagi calon mahasiswa baru kemudian  paparan profil dari maasing-masing rumpun bidang ilmu. Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Meiliasari, M.Sc., memberikan paparan informatif tentang Program Studi dalam Rumpun Matematika, diikuti oleh paparan dari Koordinator Program Studi Fisika Dr. Umiatin sebagai perwakilan koorprodi Rumpun Fisika, Bapak Dr. Irwanto, M.Pd mewakili Koordinator Rumpun Kimia menyampaikan paparan mengenai Rumpun Kimia, dan terakhir dari Koordinator Program Studi Biologi Dr. Dalia Sukmawati, M.Si tentang Rumpun Biologi.  Setiap paparan disampaikan dengan rinci dan jelas, memberikan wawasan kepada para peserta mengenai kurikulum, potensi dan prestasi serta alumni di setiap program studi. Agenda berikutnya adalah tanya jawab dari siswa dan para koordinator program studi dan WD3 FMIPA berlangsung dengan sangat aktif dan hangat.

Setelah rangkaian paparan program studi, acara berlanjut dengan pemberian plakat dari MA Istiqlal Jakarta ke FMIPA UNJ sebagai tanda apresiasi. Pemberian plakat diwakili oleh Bapak Muhammad Sahrul Fakhri S.Pd yang serahkan kepada ibu Dr. Diana Vivanti Sigit M.Si. Setelah itu ada sesi dokumentasi yang diikuti oleh seluruh peserta yang ada di ruangan. Acara diakhiri dengan kunjungan para siswa ke laboratoriun Biologi, Kimia, dan Fisika di GHA lantai 7, 8, 9,dan 10 yang berlangsung sangat menyenangkan siswa dengan memberikan pertanyaan pada setiap Pranata Laboratorium Pendidikan. Semoga kunjungan siswa MA Istiqlal Jakarta ke FMIPA memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kedua belah pihak.

Leave a Comment