Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

STRUKTUR KURIKULUM

Kurikulum dirancang untuk mencerminkan visi, misi, dan tujuan Program Studi Magister Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNJ dalam menghasilkan lulusan sebagai guru/pendidik matematika yang mampu mengelola laboratorium serta berwirausaha sesuai dengan perkembangan zaman dan pemangku kepentingan. Struktur kurikulum disusun sesuai dengan deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Pada gambar pemetaan kurikulum telah dijelaskan keterkaitan antara setiap nama mata kuliah dengan mata kuliah bidang studi dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika.

Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Matematika disusun untuk memenuhi kebutuhan lulusan akan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran serta keilmuan Matematika. Oleh karena itu, kurikulum secara umum memiliki empat mata kuliah utama, seperti Mata Kuliah Pendukung Pendidikan, Mata Kuliah Pendukung Konsep Matematika, dan Mata Kuliah Pendukung Penelitian.

Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika menyelesaikan studi mereka dalam waktu 2 tahun (4 semester) sebagai masa studi tercepat, dan 4 tahun (8 semester) sebagai masa studi terlama. Mata kuliah yang harus mereka selesaikan selama masa studi adalah 43 SKS atau setara dengan 216 ECTS. Kelompok mata kuliah tersebut meliputi Mata Kuliah Universitas dengan 8 SKS (20,80 ECTS) yang wajib diambil oleh semua mahasiswa dari universitas; Mata Kuliah Wajib dengan 31 SKS (80,6 ECTS) sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang berada di program Pendidikan; dan Mata Kuliah Pilihan dengan 4 SKS (10,4 ECTS) baik di Mata Kuliah Matematika Terapan maupun Mata Kuliah Pendidikan Profesi

Mata Kuliah Universitas

8 SKS (20,8 ECTS)

Mata Kuliah Wajib

31 SKS (80,6 ECTS)

Mata Kuliah Pilihan

4 SKS (10,4 ECTS)

MATA KULIAH PENDUKUNG

Pendidikan

Bahan kajian ini menuntut mahasiswa untuk menguasai dan menganalisis berbagai pandangan terkait konsep pedagogis dan teori belajar, memecahkan masalah pembelajaran matematika dengan merumuskan desain pembelajaran yang inovatif yang terintegrasi dengan TIK dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan dunia kerja serta mengembangkan instrumen yang valid dan reliabel untuk mengevaluasi pembelajaran.

Courses

1. Desain Pengajaran dan Pembelajaran Matematika
2. Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika
3. Orientasi Baru dalam Pendidikan
4. Media dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematika
5. Berpikir Tingkat Tinggi Matematika
6. Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris
7. Pembelajaran Matematika Realistik
8. Filsafat Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Matematika

Materi pembelajaran ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menganalisis, dan membuktikan konsep, aksioma, definisi, prosedur, dan teorema dalam matematika dan statistika. Meliputi himpunan, fungsi, diskrit dan kontinu, grup, ring, dan field. Membuat model matematika yang berkaitan dengan peristiwa alam.

Courses

1. Analisis Real
2. Analisis Real Tingkat Lanjut
3. Aljabar Abstrak
4. Aljabar Abstrak Tingkat Lanjut
5. Statistika Matematika
6. Matematika Diskrit
7. Pemodelan Matematika

Penelitian

Materi pembelajaran ini berfokus pada latar belakang filosofis penelitian dan berbagai metodologi penelitian yang sesuai untuk melakukan penelitian pendidikan. Pembelajaran ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengidentifikasi fokus penelitian berdasarkan isu-isu terkini dalam bidang pendidikan matematika dengan berbagai pendekatan yang relevan, desain penelitian, dan pemahaman yang tepat mengenai statistika pendidikan; menciptakan gagasan melalui publikasi ilmiah; penelitian perlu dilakukan dengan menjawab berbagai permasalahan terkini dengan menciptakan gagasan, teori, dan inovasi baru dalam bidang pendidikan matematika.

Courses

1. Statistika Pendidikan
2. Evaluasi Pembelajaran Matematika
3. Metodologi Penelitian Pendidikan
4. Pengembangan Instrumen Penelitian
5. Seminar Tesis
6. Tesis

Scroll to Top