Profil Program Studi

Pengantar

Program Studi S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta menerima mahasiswa pertama kali Tahun 2012, sampai sekarang telah meluluskan banyak alumni yang tersebar diberbagai bidang profesi baik fungsional, struktural maupun wirausahawan. Sebagai lembaga yang terus berkembang, sejak awal berdiri Program Studi Pendidikan Matematika melakukan berbagai macam perubahan untuk perbaikan yang terus-menerus, sehingga tercapai visi, misi dan tujuan nya. Perbaikan kurikulum, perbaikan prosedur perkuliahan, prosedur ujian sidang, perbaikan sarana-prasarana dan lain-lain. Kerjasama juga dilakukan dengan seluruh PTN yang menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Matematika melalui organisasi PPPMI dan IndoMS, dan dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri baik di kawasan Asia, Australia dan kawasan lainnya.

Surat Keputusan Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika (S-2): 

SK Mendikbud RI No 214/E/O/2012

Profil

Program studi pendidikan matematika jenjang magister berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta. Menempati Gedung Hasjim Asjari dan Gedung Dewi Sartika Lantai 5 dan Lantai 6 di Kompleks Kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur. Semua gedung dilengkapi dengan AC, lift dan fasilitas internet bagi dosen dan mahasiswa. Fasilitas pendukung pembelajaran tersedia perpustakaan, laboratorium multimedia dan workshop matematika, laboratorium komputer, ruang sidang proposal/tesis, dan ruang bimbingan baik proposal maupun tesis, dan lain-lain. Para dosen pengajar merupakan alumni perguruan tinggi terbaik nasional maupun internasional, dan memiliki reputasi dibidang pendidikan matematika, matematika, komputer dan statistika. Proses belajar-mengajar dilakukan dengan menggunakan platform yang terbaik secara luring maupun secara daring. Kurikulum program magister pendidikan matematika didisain agar mahasiswa mampu lulus dalam 2 tahun, dengan dukungan fasilitas dan dosen yang ada banyak mahasiswa yang mampu lulus dalam waktu 2 tahun.

Kompetensi

Kompetensi lulusan Program Studi S2 Pendidikan Matematika dibentuk dari proses pembelajaran yang baik, kurikulum yang baik dan sarana-prasarana yang baik. Ketiga komponen tersebut selalu dilakukan evaluasi Tim Penjamin Mutu baik internal maupun eksternal. Secara internal UNJ memiliki Gugus Penjamin Mutu yang melakukan evaluasi proses tiap semester, secara eksternal evaluasi dan monitoring dari pemerintah melalui lembaga akreditasi, lembaga pengawasan dan lain-lain. Kompetensi lulusan ditetapkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang menyatu dalam kurikulum, dan secara terus-menerus dilakukan evaluasi dan perbaikan sesuai perkembangan global.

Gelar

Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Matematika berhak mendapatkan gelar Magister Pendidikan dan disingkat M.Pd.

Akreditasi

Program Studi S2 Pendidikan Matematika mendapatkan akreditasi B dari BANPT pada tahun 2017 dengan nomor surat keputusan No. 2234/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2017 yang berlaku sejak 4 Juli 2017 sampai dengan 4 Juli 2022.

Sertifikat Akreditasi S2 Pend. Matematika

Koordinator Program Studi

Koordinator Program Studi periode 2020 – 2024 adalah Dr. Makmuri, M.Si.

SK KOORPRODI S2 FMIPA