Kurikulum

Kurikulum disusun agar lulusan dapat memiliki kemampuan sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berikut.

Sikap dan Tata Nilai

    1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
    3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
    11. menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemiminan dalam berbagai aktivitas.

Penguasaan Pengetahuan

    1. menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsipprinsip, konsep-konsep, teori-teori matematika dan pembelajarannya secara komprehensif, baik pada pendidikan formal, informal dan nonformal;
    2. mengembangkan Pembelajaran Matematika yang lebih kreatif dan inovatif di jenjang pendidikan menengah maupun tinggi;
    3. merancang dan melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Matematika serta mempresentasikannya pada tingkat nasional maupun internasional;
    4. mendesain bahan ajar implementatif dengan menerapkan prinsipprinsip, teori, konsep dari hasil penelitian yang berhubungan dengan Pendidikan Matematika;
    5. bekerja sama secara multidisiplin dalam mengevaluasi isu-isu kritis bidang pendidikan matematika memecahkan permasalahan, baik dalam bentuk pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat;
    6. fleksibel dalam menyikapi, mengadaptasi dan menerapkan pembel¬ajaran mengikuti perkembangan Kurikulum Pendidikan Matematika;
    7. mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai guru atau dosen Pendidikan Matematika; dan
    8. mampu menguasai dan menerapkan beragam tehnik evaluasi dan assesmen dalam proses Pendidikan Matematika.

Keterampilan Khusus

    1. menguasai, mengembangkan, dan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses perkuliahan dan penelitian di bidang Pendidikan Matematika; dan
    2. menguasai, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pemanfaatan lingkungan keseharian peserta didik.

Keterampilan Umum

    1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau internasional;
    2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
    5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
    6. mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega dan sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
    7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
    8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Mata Kuliah dan Sebaran Semester.

Dengan berdasar pada CPL yang telah diuraikan disusun Kurikulum dengan sebaran sebagai berikut.

KODE

MATA KULIAH

SKS

Semester

1

2

3

4

1)   Mata Kuliah Umum

30061052

Filsafat Ilmu

2

2

 

 

 

30061033

Metodologi Penelitian Pendidikan

3

3

 

 

 

30062013

Statistik Pendidikan

3

 

3

 

 

 

2)   Mata Kuliah Utama/ Program Studi

31362032

Desain Pembelajaran Matematika

2

2

 

 

 

31362013

Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika

3

 

3

 

 

31362052

Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika

2

2

 

 

 

31361012

Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan

2

2

 

 

 

31363032

Media dan TIK dalam Pembelajaran Matematika

2

 

2

 

 

31360012

Analisis Real

2

2

 

 

 

31363082

Analisis Real Lanjutan

2

 

2

 

 

31360022

Aljabar Abstrak

2

2

 

 

 

31363092

Aljabar Abstrak Lanjutan

2

 

2

 

 

31362093

Statistik Matematika

3

 

3

 

 

31363012

Berpikir Matematika Tingkat Tinggi*)

2

 

 

2*

 

31363022

Matematika Diskret*)

2

 

 

2*

 

31362062

Pemodelan Matematika*)

2

 

 

2*

 

31362022

Pembelajaran Matematika Realistik*)

2

 

 

2*

 

31362042

Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris*)

2

 

 

2*

 

 

 Mata kuliah lain diluar program studi *)

6

 

 

2/4/6*

 

31363052

Seminar Proposal Tesis

2

 

 

2

 

30060016

Tesis

6

 

 

 

6

 

Jumlah SKS Per Semester

 

15

15

8

6

*) Memilih 2 mata kuliah dari mata kuliah pilihan yang tersedia baik di dalam program studi maupun di luar program studi.

3)   Matrikulasi

00052141

Landasan Kependidikan**)

2

 

 

 

 

00052142

Sistem Pendidikan**)

2

 

 

 

 

00052143

Perkembangan Peserta Didik**)

2

 

 

 

 

**)   Memilih 2 Mata kuliah dari 3 mata kuliah yang disediakan

Bagi Mahasiswa dari non Pendidikan Matematika