Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

DESKRIPSI MATA KULIAH

Filsafat MIPA

Mata kuliah ini mencakup Hakikat Ilmu, Logika, Bahasa dan Pendidikan Matematika serta Matematika dan IPA melalui ontologi, epistemologi dan aksiologi serta kaitannya dengan perkembangan ilmu dan kebudayaan.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengetahuan dasar dalam penulisan tesis. Topik yang dibahas meliputi paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, berbagai jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif, yang meliputi hakekat penelitian, permasalahan penelitian, variabel penelitian, fokus penelitian, kerangka teoretik, metode penelitian, pembahasan/temuan penelitian, Pengembangan instrumen dan pengumpulan/analisis data kualitatif penarikan kesimpulan dan aturan-aturan dalam penulisan laporan ilmiah untuk penelitian pendidikan.

Aljabar Abstrak

Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, berfikir kritis dalam menjelaskan dan membuktikan konsep-konsep matematika terkait: Bilangan, himpunan, pemetaan, grupoid, semigrup, grup, grup hingga, grup abelian, grup siklis, grup permutasi, subgrup, subgrup normal, teorema Lagrange, homomorfisma, isomorfisma, automorfisma, kernel, invers image, ring, subring, ideal, ideal maksimal, integral domain, field.

Perkembangan dan Problematika Pendidikan Matematika

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi perkembangan dan problematika pendidikan matematika. Fokus mata kuliah ini adalah kajian berbagai literatur Pendidikan matematika terkini. Mahasiswa memperlajari beberbagai literatur pendidikan matematika untuk dapat memahami isu perkembangan, tren dan permasalahan dalam Pendidikan matematika. Di akhir perkuliahan mahasiswa menghasilkan makalah kajian pustaka tentang suatu topik dalam Pendidikan matematika.

Statistika Matematika

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang konsep-konsep dasar dalam statistika, bagaimana teori-teori dalam statistika diturunkan secara matematis, dan aplikasi teori-teori statisika dalam kehidupan sehari-hari. Mata kuliah ini membahas tentang probabilitas, variabel acak dan distribusinya, variabel acak diskret dan kontinu khusus, distribusi bersama variabel acak, transformasi variabel acak, limit barisan variabel acak, statistik dan distribusi sampling, estimasi titik, estimasi interval, dan uji hipotesis.

Orientasi Baru dalam Pendidikan

Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, mengevaluasi tren terkini dalam psikologi pendidikan. Topik-topik yang tekait adalah teori-teori belajar, afektif dalam pendidikan matematika, kepercayaan guru dan siswa, pendidikan inklusi khususnya dalam pembelajaran matematika, dan kesetaraan dalam pendidikan. Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu menghasilkan makalah tentang sebuah topik psikologi pendidikan.

Statistika Pendidikan

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu menganalisis data dalam penelitian pendidikan dengan menggunakan statistika deskriptif maupun statistika inferensial serta dapat menginterpretasikan hasil analisis dengan baik dan benar. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar statistika, statistika deskriptif, distribusi variabel acak, uji hipotesis, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, analisis regresi, analisis korelasi,  analisis jalur, analisis variansi, analisis kovariansi, dan model persamaan struktural.

Desain Pembelajaran Matematika

Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan desain pembelajaran matematika. Topik topik yang tekait adalah taksonomi tujuan belajar, karakteristik siswa, kemampuan abad ke-21, analisis instruksional, strategi instruksional, evaluasi hasil belajar (bentuk tes dan non tes), pengembangan bahan instruksional, evaluasi formatif, media instruksional, metode instruksional, penggunaan TIK dalam instruksional, dan pembelajaran jarak jauh. Di akhir perkuliahan mahasiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran yang sesuai dengan konteks terkini.

Evaluasi Pembelajaran Matematika

Mata kuliah ini membahas tujuan penilaian berbasis kelas, membedakan pengertian evaluasi, penilaian dan pengukuran, menyusun dan mengembangkan rencana penilaian di kelas, mengembangkan instrumen penilaian, menganalisis dan menafsirkan hasil penilaian membuat kebijakan dan melakukan perbaikan mutu pembelajaran matematika di kelas serta melayani dan memberi bantuan kepada pengelola pendidikan dalam pengelolaan penilaian di kelas pada semua tingkat satuan pendidikan.

Analysis Real Lanjutan

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Analisis Real, bertujuan untuk melatih kemampuan menganalisa, membuktikan dan menjelaskan konsep-konsep matematika yang lebih rumit: Konsep turunan fungsi, integral rieman, di sistem bilangan real dan di ruang metrik.

Aljabar Abstrak Lanjutan

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Aljabar Abstrak dengan tujuan meningkatkan kemampuan menganalisis, berfikir kritis dalam menjelaskan dan membuktikan konsep-konsep sistem aljabar yang lebih rumit, antara lain: Grup permutasi dan sifat-sifatnya, dekomposisi grup, modul, ring atas suatu lapangan, polinomial ring, integral domain dan field.

Real Analysis

Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih kemampuan menganalisa, membuktikan dan menjelaskan konsep-konsep matematika: Konsep himpunan, interval buka, interval tutup, lingkungan-e, infimum, supremum, fungsi, barisan konvergen, barisan divergen, limit fungsi dan kekontinuan fungsi.

Pemodelan Matematika

Pada mata kuliah ini membahas tentang bagaimana membuat model matematika beserta penyelesaiannya. Tahap pertama pemodelan yaitu memformulasikan masalah nyata ke model. Sebelum itu diberikan asumsi-asumsi sehingga diperoleh model yang lebih sederhana. Tahap kedua menganalisis model untuk menentukan solusi model. Tahap berikutnya membuat interpretasi dari solusi model. Tahap terakhir adalah melakukan pengecekan solusi ke masalah nyata, apakah sesuai dengan masalah atau tidak, jika tidak sesuai perlu ditinjau kembali asumsi-asumsi yang digunakan. Siklus pemodelan tersebut bisa berulang lebih dari satu kali. Selanjutnya diberikan beberapa contoh pemodelan dengan melalui tahap-tahap pemodelan. Sebelum melakukan tahap analysis model untuk menentukan solusi, dilakukan review tentang teori yang akan digunakan yang meliputi kalkulus, persamaan differensial, statistik, dan numerik. Di akhir perkuliahan mahasiswa akan membuat project untuk membuat model dari problem nyata secara berkelompok untuk diselesaikan dengan tahap-tahap tersebut.

Pembelajaran Matematika Realistik

Mata kuliah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) membahas tentang pembelajaran matematika secara realistik dan kontekstual ditinjau dari segi teori maupun praktik. Kajian mata kuliah ini mencakup: (a) Sejarah PMRI, (b) Teori PMRI meliputi: Kriteria PMRI dan Karakteristik PMRI, (c) Design Research meliputi:  Teori Instruksional Lokal dan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB), (d) Analisis Pembelajaran Matematika Realistik SMP/SMA pada Skipsi dan Tesis Design Research, (e) Menyusun Topik pada RPP dengan Menggunakan Pendekatan PMRI, dan (f) Eksperimen Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan PMRI. Perkuliahan ini menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa atau  andragogik. Pendekatan dan metode pembelajaran active learning, inkuiri dan kontekstual melalui  teknik tanya-jawab, diskusi, dan penugasan.

Media dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pengajaran dan Pembelajaran Matematika

Mata kuliah ini mencakup konsep-konsep utama penelitian dan pengembangan media pembelajaran, perangkat lunak geogebra, perangkat lunak penyuntingan video, mengoperasikan perangkat keras penyuntingan video, merencanakan dan membuat media pembelajaran TIK.

Matematika Diskrit

Mata kuliah ini membahas dasar teori, aplikasi dan pengembangan materi matematika diskrit yang meliputi, masalah kombinatorial,  graf, pohon, graf planar dan pewarnaan graf.

Berpikir Matematika Tingkat Tinggi

Mata kuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami konsep utama keterampilan berpikir tingkat tinggi dan teori-teori terkait. Selain itu, metode dan strategi khusus untuk meningkatkan HOTS akan dibahas. Mata kuliah ini juga akan mencakup penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran berbasis HOTS. Selain itu, pengembangan HOTS pada siswa juga akan dieksplorasi. Pengajaran dan pembelajaran berdasarkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), dan instrumen penilaian untuk HOTS dapat disebutkan. Model-model untuk menilai HOTS dan penelitian yang berfokus pada penilaian HOTS dapat didiskusikan. Selain itu, pengembangan dan validasi instrumen penilaian HOTS, serta penelitian tentang aspek afektif HOTS, dapat dieksplorasi. Selain itu, tren penelitian yang terkait dengan HOTS dan implikasinya terhadap pendidikan dapat ditelaah.

Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar dalam bidang matematika dan memahami text yang berhubungan dengan matematika dan pendidikan matematika. Selama perkuliahan, mahasiswa diperkenalkan dengan istilah-istilah matematika dalam bahasa Inggris dan text akademik matematika dan jurnal pendidikan matematika untuk selanjutnya dapat menggunakan istilah-istilah tersebut dalam menganalisis isi bacaan text akademik matematika dan membuat intisari jurnal pendidikan matematika dalam bentuk summary dan presentation. Tes tertulis dan unjuk kerja merupakan cara mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan. Perkuliahan ini menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa atau andragogik. Pendekatan dan metode pembelajaran menggunakan active learning, inkuiri, cooperative learning dan kontekstual melalui teknik tanya-jawab, diskusi, dan penugasan.

Kepemimpinan dalam Organisasi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang organisasi pembelajaran, disiplin organisasi pembelajaran, model organisasi pembelajaran, kepemimpinan, gaya kepemimpinan dalam organisasi pembelajaran, penelitian tentang kepemimpinan dalam organisasi pembelajaran.

Pengembangan Instrumen Penelitian

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan langkah-langkah dan prosedur dalam membuat alat penelitian baik untuk penelitian kuantitatif maupun kualitatif, yaitu Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian dan Pengembangan, dan Penelitian Desain.

Seminar Proposal Tesis

Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa menghasilkan suatu proposal penelitian yang bertujuan menyelesaikan permasalahan pendidikan matematika. Dalam menyusun proposal mahasiswa mengkaji beberapa artikel yang terpublikasi minimal sepuluh tahun terakhir yang sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas. Setelah judul penelitian disetujui mahasiswa akan mendapatkan 2 orang dosen pembimbing. Proposal yang sudah disetujui kedua dosen pembimbing akan diuji dalam seminar proposal tesis.

Tesis

Mata kuliah ini memberi pengalaman kerja mandiri kepada mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian mengenai suatu masalah dalam bidang pendidikan matematika, serta penulisan laporan karya ilmiah dalam bentuk tesis dan artikel yang dipublikasi dibawah bimbingan dua orang pembimbing. Karya ilmiah tersebut berbentuk hasil suatu proyek penelitian yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan dan pengajaran seperti kurikulum, bahan pemgajaran, instrumen evaluasi dan sebagainya.

Scroll to Top