Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Assoc. Prof. Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si.

Dosen Program Studi Master Pendidikan Matematika

NIP 196407311991022001      NIDN 0031076409

Pendidikan

Universitas Negeri Jakarta

Gelar Doktor, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

2014

Institut Pertanian Bogor

Gelar Master, Statstika

2002

IKIP Jakarta

Gelar Sarjana, Pendidikan Matematika

1990

Proyek Penelitian dan Pengembangan

2022

Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Perkalian Antara Dua Matriks Bagi Siswa Kelas X di SMK Satya Bhakti 1 Jakarta

2021

The Development of Euclid Geometry’s Teaching Materials Based on KKNI to Improve Students Cognition Amalysis and Deductive Reasoning Abilities

2020

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Geogebra dengan Pendekatan Scientific pada Materi Prisma dan Limas di Tingkat SMP

2019

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software Construct 2 di Kelas VII SMP Negeri 137 Jakarta.

Pengabdian Masyarakat

DKI Jakarta

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif di MGMP Matematika Madrasah Aliyah DKI Jakarta

2022

Bogor, Jawa Barat

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bogor Jawa Barat dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran yang Efektof di Masa PJJ

2021

Bogor, Jawa Barat

Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Matematika dengan Penerapan Realistic Mathematics Education dalam Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika di SMP Kabupaten Bogor

2020

Depok, Jawa Barat

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Dalam Kegaiatan Lesson Study untuk Guru-guru Sekolah Menengah Pertama di Depok

2019

Bekasi, Jawa Barat

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Dalam Kegiatan Lesson Study untuk Guru-guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bekasi

2018

Magelang, Jawa Tengah

Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah

2017

Hak Cipta

Video Pelatihan

Karya Rekaman Video: Video Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh yang Efektif

2022

Modul

Modul: Pelatihan Pemanfaatan Sistem Informasi Posyandu di Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur

2022

Buku

Buku: LKS Matematika Homeschooling Materi Trigonometri

2022

Komik

Komik: Dalil Pythagoras

2022

Video Pelatihan

Karya Rekaman Video: Video Pelatihan Evaluasi Pembelajaran,

2021

Buku Pelajaran

Buku Pelajaran: Bahan Ajar dan LKS Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Realistik Berbantuan Geogebra Untuk Siswa Kelas VIII

2021

Properti

Alat Peraga: Video Pembelajaran Teorema Pythagoras Berbasis Budaya Banten

2021

Program Komputer

Program Komputer: Induksi Matematika Kelas XI SMA

2021

Program Komputer

Program Komputer: Modul Pembelajaran Eksponensial dan Logaritma

2020

Karya Tulis

Karya Tulis/Disertasi: Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Penilaian Otentik Terhadap Mathematical Proving Ability Mahasiswa dengan Mengontrol Pemahaman Prerequisite Concepts

2020

Program Komputer

Program Komputer: CD Interaktif Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Pokok Bahasan Materi Perbandingan Kelas VII SMP

2018

Publikasi

Jurnal Nasional Teakreditasi

Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa

2022

Jurnal Nasional Teakreditasi

Giving an Individual Tutoring for 8th Grade Student in the Errors of Solving the Problem of Essay Test for Comparative Material in SMPN 232 Jakarta

2022

Prosiding Seminar Internasional

Enhancement Mathematical Problem-Solving Ability Through RME Approach in Distance Learning on Material Building a Squares and Triangles in Class VII-2 MTsN 28 Jakarta

2021

Jurnal Nasional Terakreditasi

Studi Literatur Peran Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Nasional Terakreditasi

2021

Jurnal Nasional Terakreditasi

Pengaruh Model Pembelajaran CMP Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMPN 227 Jakarta. Jurnal Nasional Terakreditasi

2021

Jurnal Nasional

Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Edmodo dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPS-2 SMAN 2 Tambun Selatan pada Materi Limit Fungsi Aljabar

2021

Jurnal Nasional

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

2021

Jurnal Nasional Terakreditasi

Studi Etnomatematika Eksplorasi Konsep-konsep Teorema Pythagoras pada Budaya Banten

2021

Prosiding Seminar Internasional

The Development of Interactive Learning Media with Realistic Mathematics Education Approach for Topic Ratio and Proportion

2021

Prosiding Seminar Internasional

Influence of Learning Strategy and Authentic Assesment Toward Students Mathematical Proving Ability by Controlling Prerequisite Concepts Understanding

2021

Jurnal Nasional

Design of Realistic Mathematics Education Approach to Develop Students High-Order Thinking Skill in Online Learning

2021

Jurnal Nasional

Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Mtematis Siswa SMA Ditinjai dari Self-Regulated Learning

2021

Jurnal Nasional

Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele dan Kecerdasan Spasial Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MAN Bekasi

2021

Jurnal Nasional Terakreditasi

Building Relational Understanding Through Hypothetical Learning Trajectory of Probability

2021

Prosiding Seminar Internasional

Performance Assessment to Measure Student’s Mathematical Proving Ability Based on the Abductive Deductive Approach

2020

Science and Mathematics Internatinal Conference

The Implementation of Realistic Mathematics Education Approach in Interactive Learning Media

2020

International Journal of Advanced Science and Technology

Habits of Mind Model for Students at Elementary School Teacher Education Study Program in Universitas Negeri Jakarta

2020

Jurnal Nasional

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The of Power Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kecemasan Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa di SMP Islam Pariskian Kota Serang

2020

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah

Pengaruh Model Pembelajaran M-APOS Berbantuan Portal Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMKN 26 Jakarta

2020

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi SPLDV di Kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan

2020

Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Menalar Deduktif Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Representasi Matematis

2020

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Concept Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika

2020

IOP Conference Series: Journal of Physics

Probability Learning Trajectory: Students’ Emerging Relational Understanding of Probability Through Ratio 

2019

IOP Conference Series: Journal of Physics

Development of Learning Using Indonesian Realistic Mathematics Education Approach to Build Students’ Relational Understanding of Derivative

2019

FMIPA UNJ

Analysis of The Mathematical Learning Materials with The Characteristics of Realistic Mathematics Education in The Design Research Pre-Service Teachers’ Theses in The Mathematics Education Study Program

2019

International Conference on Humanities, Education, and Social Sciences

Performance Assessment to Measure Student’s Mathematical Proving Ability Based on the Abductive-Deductive Approach

2019

Prisma: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI Berbantuan Geogebra untuk Membangun Pemahaman Konsep Transformasi Geometri

2019

Prisma: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengembangan Pembelajaran dalam Membangun Pemahaman Relasional Siswa Melalui Pendekatan PMRI Materi Relasi Fungsi

2019

UNNES Journal of Mathematics Anxiety Reviewed from Gender

The Effect of Scaffolding Techniques on The Ability of Student’s Reasoning Ability and Mathematics Anxiety Reviewed from Gender

2018

Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar

Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

2018

Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMP Swasta Islam di Tangsel

2018

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA

2018

Proceeding Science and Mathematics International Conference

Learning Composite and Decomposite Function with RME Approach for Senior High School Student

2018

Proceeding Science and Mathematics International Conference

Evaluation of Implementation Hypothetical Learning Trajectory at The Thesis of Mathematical Education Students FMIPA The State University of Jakarta

2018

Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Evaluasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar Negeri Batu Tulis 2 Kota Bogor

2017

Scroll to Top