You are currently viewing Workshop Pelatihan Analisis Data XRD

Workshop Pelatihan Analisis Data XRD

Workshop Analisis Data XRD telah digelar oleh Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada mahasiswa kimia dalam menganalisis data difraksi sinar-X (XRD) dengan lebih akurat, efektif dan efisien.

Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa kimia UNJ. Dalam rangkaian kegiatan ini, mereka diperkenalkan dengan prinsip-prinsip dasar XRD serta teknik-teknik analisis menggunakan software Match 3.

Workshop dimulai dengan sesi pengantar yang disampaikan oleh Dr. Setia Budi, M.Sc, mengenai pentingnya analisis data XRD untuk identifikasi fasa pada sampel. Kemudian workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi dan pelatihan oleh Dr. Rachmat Adhi Wibowo dari Austrian Institute of  Technology. Beliau memberikan gambaran umum mengenai konsep dasar difraksi sinar-X, penggunaan perangkat XRD, proses pengumpulan data difraksi dan cara menganalisis data tersebut dengan aplikasi Match 3.

Selanjutnya, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung cara menganalisis data XRD yang sudah disiapkan. Pada sesi ini, peserta melakukan diskusi satu sama lain dan dengan narasumber. Berikutnya, narasumber memberikan pembahasan terkait hasil analisis XRD yang telah dilakukan.

Workshop Analisis Data XRD berhasil memberikan platform yang kuat bagi para peserta untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam menganalisis data difraksi sinar-X.

Tinggalkan Balasan