VISITASI AKREDITASI INTERNASIONAL FMIPA UNJ DENGAN ASIIN JERMAN

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Jakarta melakukan Visitasi Akreditasi Internasional dengan Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN) secara daring melalui Zoom dan luring di Aula Pertemuan Gedung Syafei pada 14-15 Juni 2022.

Hadir dalam acara ini secara daring panelis ASIIN Jerman, Prof. Dr. Gereon Elbers, dari University of Applied Sciences Aachen, Prof. Dr. Angelika Loidl-Stahlhofen, dari Westphalian University of Applied Sciences, dan Rainer Arnold Dipl. Phys., dari ASIIN Office.

Turut hadir pula Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Dekan FMIPA UNJ, Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si., para Wakil Rektor, dan para Koordinator Program Studi Bidang Kimia dan Biologi.

Prof. Muktiningsih mengatakan ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional khusus untuk ilmu pengetahuan alam dan Teknik yang berasal dari Jerman. Tujuan FMIPA UNJ mengajukan akreditasi internasional adalah untuk peningkatan kualitas lulusan agar direkognisisecara internasional, yang sesuai juga dengan visi FMIPA dan sejalan dengan visi UNJ yang menjadi universitas bereputasi di Asia.

Dengan akreditasi internasioanal ini layanan yg diberikan oleh fakultas juga berlevel  internasional. Secara bertahap kita akan meningkatkan kualitas layanan yang setara layanan internasional.

Capaian FMIPA juga sudah banyak di level internasional, didukung Kerjasama internasional di bidang Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ini dibuktikan dengan meraih penghargaan terbaik di kategori Penelitian dan Perolehan Dana Tertinggi, serta kategori lainnya dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNJ. Pencapaian tersebut yang membuat kami percaya diri untuk mengajukan akreditasi internasional.

Langkah awal akreditasi internasional ini sudah dilakukan sejak tahun 2021 dengan menyiapkan dokumen dan lampiran yang diperlukan untuk proses penilaian akreditasi. Pada tahap awal UNJ mengajukan dua klaster, yaitu klaster Science dan Teknik, diantaranya S1 Kimia, S1 Pendidikan Kimia, S2 Pendidikan Kimia, S1 Biologi, S1 Pendidikan Biologi, dan S2 Pendidikan Biologi. Untuk Teknik akan di visitasi pada bulan Juli 2022 mendatang.

Akreditasi internasional memiliki beberapa jenis, yaitu terakreditasi, conditional accreditation, dan yang tertinggi unconditional accreditation. Dengan adanya visitasi ini, kami mengharapkan hasil akreditasi internasional untuk klister Science mendapatkan Unconditional Accreditation, sehingga tidak perlu adanya dokumen tambahan yang perlu dilengkapi.

Diskusi antara Panelis ASIIN dan UNJ

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Pada 14 Juni 2022, sesi pertama visitasi panelis dilakukan dengan Rektor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Dekan. Sesi kedua diskusi dengan Koordinator Program Studi, dan sesi ketiga diskusi dengan stakeholder, atau perwakilan sekolah-sekolah yang menerima guru dari UNJ.

Kemudian pada 15 Juni 2022, dilakukan empat sesi, pertama diskusi dengan mahasiswa dan alumni FMIPA UNJ khususnya studi Kimia dan Biologi. Sesi kedua panelis diskusi dengan para dosen rumpun Kimia dan Biologi. Pada sesi ketiga, para panelis ASIIN melakukan diskusi internal, dan sesi keempat kembali pertemuan dengan Rektor, para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan FMIPA, dan para Koordinator Program Studi.

Prof. Dr. Angelika Loidl-Stahlhofen, dari Westphalian University of Applied Sciences, selaku panelis pada visitasi ASIIN ini mengaku sangat puas dengan jawaban dari mahasiswa dan alumni FMIPA UNJ.

“koneksi antara dosen dan mahasiswa sangat baik bisa saling berkolaborasi. Networking dengan perusahaan dan pembimbingan belajar juga sangat baik” ujar Prof. Angelika.

Prof. Angelika juga mengajukan beberapa rekomendasi seperti meningkatkan jumlah beasiswa agar bisa studi keluar negeri, dan membangun kelas internasional di FMIPA UNJ, menambah jumlah jam belajar di laboratorium, serta bagi dosen untuk meningkatkan metode pembelajaran digital.

Di akhir visitasi, Rekto UNJ, Prof. Komaduin, menyampaikan terima kasih atas penilaian dan rekomendasi yang telah diberikan dalam visitasi ini kepada para panelis ASIIN.

“Semua rekomendasi akan segera ditindaklanjuti, dan dikirim Kembali ke ASIIN. Kami juga mengharapkan bimbingan teknis agar semua standar akreditasi internasional bisa dipenuhi dan FMIPA bisa mencapai Unconditional Accreditation” kata Prof. Komarudin.

Artikel ini tayang pertama kali tanggal 16 Juni 2022 di laman https://www.unj.ac.id/en/visitasi-akreditasi-internasional-fmipa-unj-dengan-asiin-jerman/ 

Leave a Comment