Research Group

Payung penelitian ditetapkan berdasarkan Rencana Induk Penelitian (RIP) UNJ, pada delapan tema riset unggulan:

  1. Teknologi Pendidikan
  2. Pendidikan Kejuruan (Vokasional)
  3. Psikologi dan Neuropedagogik
  4. Sains dan Teknologi
  5. Pendidikan Lingkungan
  6. Olahraga, Kesehatan, dan Gizi
  7. Sosial Humaniora dan Seni Budaya
  8. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selanjutnya program studi mengaitkan dengan payung penelitian pada teknologi pendidikan, sain dan teknologi, pendidikan lingkungan dan Olahraga, Kesehatan dan Gizi. Program studi menetapkan fokus penelitian yang terfokus pada ICT, Sustainability, STEAM, Model pembelajaran, Media Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, ecology-conservation dan lingkungan, biodiversity, ecophysiology.

No. Nama Dosen Area Penelitian Nama Mahasiswa Judul Skripsi/Penelitian Artikel
1 Dr. Rusdi, M.Biomed. Animal Ecophysiology and Online learning Achmad Fatoni Development of Learning Management System
Ghesang Development of Learning Management System
Ian Alfian Development of Learning Management System
Bagus (S2) Development of Learning Management System
Rania Az-Zahra Hubungan Ketrampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis dengan Pemahaman Konsep Sistem Gerak Siswa SMA Metacognitive, Critical Thinking, and Concept Understanding of Motion Systems: A Correlational Study

https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/52972

Tyas Putri Utami Antioxidant enzyme activities and malondialdehyde level in green mussel (Perna viridis L.) at Jakarta Bay, Indonesia

https://doi.org/10.1063/5.0041668

2 Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed. Media Pembelajaran Haliamtus Sa’diyah Laboratory manual based on smartphone application in

increasing students’ psychomotoric learning outcome

4th Annual Applied Science and Engineering Conference

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077078

3 Dra. Yulilina Retno Dewahrani, M.Biomed. Media Pembelajaran Denada Kinanthi Mahapranawati Pengembangan Bahasa Isyarat Biologi bagi Siswa Penyandang Disabilitas Pendengaran
4 Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. Ekologi konservasi  dan Evaluasi Program Mega Widia
Nurul Hidayah
Umi Kulsum Sumiyati Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Sma Di Jakarta Timur

http://doi.org/10.15408/es.v12i1.13671

5 Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si. Evaluasi dan Media Pembelajaran Diah Erawati Development of Android-based mobile learning modules on the immune system for Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/1098/5/052056/meta

6 Ade Suryanda, S.Pd., M.Si. Ekologi konservasi dan

sumber belajar Pembelajaran

Anita Julita Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap) “Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap)

Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Vol. 11, No. 1 (2020) h. 86-98

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP

“Expert Validation on The Development Biology Pocketbook Based on Mind Map (BIOMAP)

Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Vol.5 No.3 December 2019 Hal 197-214

DOI: 10.22437/bio.v5i3.6879”

Naili Noermilah Pengaruh Penggunaan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP) sebagai Suplemen Sumber Belajar Mandiri terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman  dan Literasi Siswa SMA dalam Konteks Biologi pada Materi Fungi
Hana Safitri Relationship between environmental

pollution knowledge and green purchase

intention of students

https://doi.org/10.1063/5.0041661

Zahra Muthmainnah Pengaruh Penerapan ‘Papadak’ Terhadap Pengetahuan

Dan Partisipasi Masyarakat Pada Upaya Konservasi Laut

Di Rote Tengah, Nusa Tenggara Timur

Pengaruh Penerapan ‘Papadak’ Terhadap Pengetahuan

Dan Partisipasi Masyarakat Pada Upaya Konservasi Laut

Di Rote Tengah, Nusa Tenggara Timur

http://dx.doi.org/10.15578/jksekp.v10i1.7933

Visdha Ersita Pengembangan Online Learning Integrated Book On Environmental Balance (OLIBEB) untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Biologi Siswa SMK Kelas X
Chairunnisa. Pelatihan Manajemen Gigitan Ular dan Sikap

Mahasiswa Terhadap Ular

DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i2

Halimatus Sa’diyah Developing smartphone-based laboratory manual as a learning media

4th Annual Applied Science and Engineering Conference

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077077

7 Erna Heryanti, S.Hut., M.Si. Ekologi konservasi dan Model Pembelajaran Nida Chairunnisa Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati
8 Dr. Rizhal Hendi Putranto, M.Pd. Model Pembelajaran Nadia ‘Aafiyah Wahyuasih Pengaruh Pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) dan Reading, Mapping, Sharing (RMS) Terhadap Penguasaan Konsep Plantae
Reza Dino Mahardika Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Imunopedia untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Imun Digital Flipbook Imunopedia (DFI) A Development in Immune System e-Learning Media

https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795

Carolina Astari Sekar Pratiwi Pengembangan Newsmagazine Griya Kagem Kukila : Taman Burung TMII untuk Meningkatkan Pengetahuan Konservasi Burung
9 Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. Pendidikan Lingkungan Shafira Ramadhanty Adityaningsih Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Dengan Perilaku Konservasi (Conservation Behavior) Siswa SMA The perspective of conservation behavior and environmental pollution knowledge of high school students

https://doi.org/10.1063/5.0041683

10 Drs. Refirman Dj., M.Biomed. Model Pembelajaran Muhamad Rifan Pengembangan Bio-Repropedia Berbasis Reading, Mind Mapping, Dan Sharing Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Biologi Bio-repropedia website based on reading, mapping, and sharing (RMS): A way to improve biological literacy

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1796/1/012067

Sofia Rahmah Pengembangan Media Pembelajaran DFM-Circulatoria (Digital Flipbook Terintegrasi Mind Map Sistem Sirkulasi)
11 Prof. Dr. I Made Putrawan Psikologi Pendidikan dan Management Sekolah Devie Amalia Lestari Pengaruh Locus Of Control Dan Kepribadian (Personality) Terhadap Bertindak (Intention To Act) Siswa: Studi Kausal Terhadap Siswa SMA Negeri Di Jakarta Pengaruh Locus Of Control Dan Kepribadian (Personality) Terhadap Bertindak (Intention To Act) Siswa


DOI: 
https://doi.org/10.21009/IJEEM.052.03

Nadila Restu Mutiasari Pengaruh Teacher’s Leadership Dan Justice Terhadap Citizenship Behavior Toward Environment Siswa Pengaruh Teacher’s Leadership Dan Justice Terhadap Citizenship Behavior Toward Environment Siswa

 

Fibula Purnama Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge About Environmental Issues) Dan Intensi Untuk Bertindak (Intention To Act) Terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge About Environmental Issues) Dan Intensi Untuk Bertindak (Intention To Act) Terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa

DOI: https://doi.org/10.21009/IJEEM.051.02

Indah Praminingsih Pengaruh Kepedulian Lingkungan (Environmental Concern) dan Paradigma Lingkungan Baru (New Environmental Paradigm) terhadap Intensi Perilaku Lingkungan (Behavioral Intention) Siswa: Studi Kausal terhadap Siswa SMA Negeri di Jakarta Pengaruh Kepedulian Lingkungan (Enviromental Concern) dan Paradigma Lingkungan Baru (New Environmental Paradigm) terhadap Intensi Perilaku Pro Lingkungan (Behavioral Intention) Siswa

DOI: https://doi.org/10.21009/IJEEM.061.01

Amalia fitri dwi widyati Hubungan Antara Orientasi Nilai (Value Orientation) dengan Paradigma Lingkungan Baru (New Environmental Paradigm) Siswa Hubungan Antara Orientasi Nilai (Value Orientation) dengan Paradigma Lingkungan Baru (New Environmental Paradigm) Siswa

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijeem/article/view/13833

 

12 Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. Pendidikan Lingkungan dan Media Pembelajaran/Online Learning
13 Dr. Supriyatin, M.Si. Management Sekolah
14 Dr. Hanum Isfaeni, M.Si. Zoologi dan Pendidikan Biologi
15 Nailul Rahmi Aulya, S.Si., M.Si. Plant Nutrition & Plan physiology
16 Annisa Agus Wulan Utami, M,Si Mikrobiologi dan Bioteknologi
17 Daniar Setyo Rini, S.Pd., M.Pd. Media dan Sumber Pembelajaran