Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Temu Alumni

Program Studi S2 Pendidikan Matematika menyelenggarakan Temu Alumni Program Studi S2 Pendidikan Matematika pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, pada pukul 13.00-15.00 WIB melalui zoom meeting. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pengembangan dan akreditasi Program Studi dan juga pembentukan organisasi alumni. Acara ini dihadiri oleh dosen-dosen di prodi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ dan alumni sebanyak 61 orang. Alumni yang hadir tersebar dari tiap Angkatan, mulai dari Angkatan pertama (2012) sampai dengan Angkatan (2018).

Acara ini mendiskusikan strategi peningkatan dan pengembangan program studi dengan memfokuskan pada tiga bagian. Diskusi pertama, yaitu tentang aspek kurikulum dipimpin oleh Bapak Dr. Makmuri, M.Si. selaku Koorprodi S2 Pendidikan Matematika. Beliau menyampaikan ada 4 konten dalam pengembangan kurikulum S2 Pendidikan Matematika adalah ilmu matematika, teori pendidikan, penelitian, edupreneur (media dan TIK yang dikemas menjadi edupreneur).

Diskusi kedua terkait percepatan masa studi dipimpin oleh Bapak Dr. Joko Soebagyo, M.Pd. selaku Alumni Angkatan pertama. Beliau menyampaikan bahwa Percepatan Masa Studi sangat relative karena diperlukan motivasi dan niat yang kuat dari diri sendiri untuk menyelesaikan studi. Selain itu, beliau menyampaikan beberapa strategi dalam percepatan masa studi, yaitu dengan bimbingan rutin dan juga pengelolaan waktu.

Diskusi ketiga terkait akreditasi program studi, dipimpin oleh salah satu dosen yaitu, Tian Abdul Aziz, Ph.D. Beliau menyampaikan peran Alumi sangat diperlukan dalam persiapan penyusunan brorang akreditasi., yaitu Kerjasama dalam tridarma perguruan tinggi antara alumni dengan dosen, tracer study (dalam pencarian pekerjaan kurang atau lebih dari 6 bulan, informasi alumni yang berwirausaha secara local, international, kesuksesan alumni di tempat kerja juga berpengaruh untuk kemajuan program studi). Pada kesempatan ini juga alumni diminta untuk mengisi kuesioner alumni S2 pendidikan matematika dan kuesioner kepuasan pengguna alumni S2 Pendidikan Matematika UNJ.

Beberapa alumni (2015-Iman Santoso; 2015-Rizal Kamsurya; 2016-Radiusman; 2018-Ratna Maryam-Mahasiswa; 2015-Nur Asmariani) juga berkesempatan untuk menyampaikan pengalaman dan masukan untuk kemajuan program studi. Beberapa saran tersebut diantaranya: (1) menyelenggarakan bimbingan terjadwal untuk memepercepat penysusuna Tesis, dan mendapatkan solusi (2) dibuat standard sinta untuk jurnal syarat ujian; dan (3) menyelenggarakan program khusus atau webinar untuk penyusunan research bagi mahasiswa yang Menyusun tesis. Selain itu, Valeria Yekti Kwasaning dan Nira Nawastiti (2015) juga berbagi pengalaman edupreneur sebagai pembuat konten creator di youtube.

Acara ini diakhiri dengan pemilihan ketua alumni. Berdasarkan kesepakatan antara perwakilan dari setiap Angkatan, Bapak Dr. Joko Soebagyo, M.Pd. terpilih sebagai ketua alumni program studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ periode 2021-2025. Selamat untuk Bapak Joko.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top