Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi S1 dan S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ tahun 2021: Guru Terampil dan Pembelajaran Berkualitas

Tema: Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMP Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika

Pada tahun 2021 ini Program Studi S1 dan S2 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (FMIPA UNJ) telah menjalin komunikasi dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kabupaten Bogor untuk merencanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan komunikasi dan koordinasi yang telah dilakukan, pihak MGMP mengajukan  kegiatan yang menjadi kebutuhan para guru matematika SMP di Kabupaten Bogor. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah diantaranya berkaitan dengan pembuatan dan pembahasan soal Asesmen Kompetensi Minimum, pembuatan media pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Berdasarkan kebutuhan yang disampaikan oleh MGMP tersebut, kami Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ berencana untuk menyeleggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan secara parallel dan online melalui zoom meeting. Terdapat lima kegiatan yang telah dipersiapkan oleh tim dosen program studi dan akan direncanakan diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 15 dan 29 September 2021. Setiap kegiatan akan setara dengan 32 jam pelatihan sehingga setiap peserta selain mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari pelatihan secara gratis, juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan.

Pada hari Rabu, tanggal 15 September 2021 kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Bogor dan juga Dekan Fakultas MIPA UNJ. Pada hari tersebut telah diselenggarakan dua kegiatan secara parallel melalui zoom meeting, yaitu: Peningkatan Kualitas Guru Matematika SMP melalui Pelatihan Pengembangan Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kabupaten Bogor Jawa Barat dengan narasumber Drs. Tri Murdiyanto, M.Si., Dr. Makmuri, M.S. & Drs. Mulyono, M.Kom.; dan Pelatihan Media Pembelajaran bagi Guru Matematika SMP di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan narasumber Tian Abdul Aziz, S.Pd., Ph.D., Dwi Antari Wijayanti, M.Pd. & Dr. Yudi Mahatma, M.Si.

Di dua pekan selanjutnya, yaitu pada tanggal 29 September 2021, diselenggarakan tiga kegiatan secara parallel melalui zoom meeting, yaitu:  (1) Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bogor Jawa Barat dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran yang Efektif di Masa PJJ dengan narasumber Dr. Ellis Salsabila, M.Si. & Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. ; (3) Pelatihan Penilaian Numerasi untuk Guru Matematika SMP di Kabupaten Bogor Jawa Barat dengan narasumber Dr. Meiliasari, S.Pd., M.Sc., Dania Siregar S.Stat., M.Si. & Dr. Wardani Rahayu, M.Si.; dan (3) Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Software Geogebra pada Materi Transformasi dengan narasumber Dwi Antari Wijayanti, M.Pd. dan Leny Dhianti Haeruman, S.Pd., M.Pd.

Sebanyak 100 lebih guru dari Kabupaten Bogor telah  mendaftar dan terlibat dalam pelatihan ini. Dengan kegiatan ini diharapkan guru dapat menambah wawasan dan melatih keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang pada akhirnya dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan dalam persaingan global saat ini dan di masa yang akan datang.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top