Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Prodi S2 Pendidikan Matematika bersama MGMP Matematika MA DKI Jakarta

Program Studi S2 Pendidikan Matematika menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Hari Rabu tanggal 5 dan 12 Oktober 2022. Pembukaan kegiatan diselenggarakan pada tanggal 5 Oktober 2022. Pada acara ini, kata sambutan disampaikan oleh Koordinator Prodi S2 Pendidikan Matematika (Dr. Makmuri, M.Si.) dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/ Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan. Sambutan terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si.selaku Dekan FMIPA Universitas Negeri Jakarta dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pengabdian.

Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh program studi S2 pendidikan matematika FMIPA UNJ, dan untuk tahun 2022 adalah tahun kedua kerja sama dengan MGMP Matematika MA DKI Jakarta. Pada tahun 2022 ini tercatat kurang lebih 50 orang guru matematika MA se-DKI Jakarta turut hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu, pada tahun ini juga, program studi S2 Pendidikan Matematika menyediakan tujuh materi yang akan diberikan kepada para peserta. Seluruh materi yang diberikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan profesionalitas guru matematika sehingga terwujud proses pembelajaran matematika yang berkualitas. Ketujuh materi tersebut dibagi ke dalam dua hari, di mana setiap hari ada du akelas pararel. Dengan demikian, setiap peserta akan mendapatkan maksimal empat materi.

Pada tanggal 5 Oktober 2022, ada empat materi yang disajikan, yaitu:

  1. Pelaksanaan Pembelajaran dengan Strategi Konstruktivisme pada Mata Pelajaran Trigonometri oleh Makmuri, M.Si. dan tim.

2. Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif oleh Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. dan tim.

3. Penggunaan Software FX Draw dalam Pembelajaran Matematika oleh Tian Abdul Aziz, Ph.D. dan tim.

4. Peningkatan Kualitas Guru Matematika Melalui Pelatihan Implementasi Case-Based Learning (CBL) dalam Pembelajaran oleh Lukman El Hakim, M.Pd. dan tim.

Sedangkan, pada tanggal 12 Oktober 2022, ada tiga materi yang disajikan, yaitu:

  1. Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Geogebra pada Materi Dimensi Tiga oleh Leny Dhianti Haeruman, S.Pd., M.Pd. dan tim.

2. Penerapan Analisis Statistika dalam Penelitian Tindakan Kelas oleh Qorry Meidianingsih, S.Si., M.Si. dan tim.

3. Pengembangan E-book Kreatif untuk Peningkatan Self-regulation siswa oleh Flavia Aurelia Hidajat, M.Pd. dan tim.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari para peserta. Hal ini terlihat dari antusias peserta yang mengikuti kegiatan. Mereka menyampaikan agar kegiatan ini dilakukan secara periodic dan waktu yang lebih lama. Mudah-mudahan kegiatan yang diselenggarakan ini bermanfaat dan dapat berlanjut di tahun-tahun selanjutnya.