Audit Mutu Internal Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Hari selasa, tanggal 15 November 2022 diadakan kegiatan Audit Mutu Internal Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ oleh tim auditor SPMI Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah dua orang, yaitu Ibu Dr. Umi Widyastuti, SE, M.E. dan Hera Khairunnisa, SE., M.Ak. dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Audit berlangsung kurang lebih 2 jam mulai dari pukul 19.30 s.d. 21.30 WIB.

Kegiatan audit mutu internal atau audit sistem penjaminan mutu internal (SPMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu siklus yang ada di SPMI, yaitu siklus evaluasi.

Evaluasi pelaksanaan standar SPMI dapat dilakukan melalui audit, yaitu proses yang bertujuan untuk memeriksa capaian pemenuhan standar perguruan tinggi setelah perguruan tinggi tersebut melaksanakan standar dalam periode waktu tertentu. Audit SPMI merupakan kegiatan pengujian yang dilakukan secara sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di program studi sudah sesuai dengan prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kegiatan audit SPMI telah berjalan dengan baik dan lancar serta telah menghasilkan sejumlah temuan pada program studi. Secara umum, beberapa perbaikan yang disarankan oleh auditor adalah

  1. Perbaikan data-data yang tidak konsisten
  2. Update website
  3. Pengisian borang yang dilengkapi dengan bukti-bukti yang mendukung dan telah disahkan.