Studium Generale Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Pada hari Selasa, 22 November 2022 Program Studi S1 dan S2 Pendidikan Matematika menyelenggarakan Studium Generale yang bertemakan Qualitative Research on Ethno-Realistic Mathematics Education dengan narasumber Prof. Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, S.Si.,M.Pd dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Acara ini dibuka oleh Dr. Esmar Budi, S.Si.,M.T selaku Wakil Dekan I FMIPA UNJ yang mewakili Dekan FMIPA UNJ. Selain itu, sambutan diberikan oleh Koordinator Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ.

Yang bertidak sebagai moderator pada acara ini adalah Dosen S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ, Tian Abdul Aziz, Ph.D. Prof. Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, S.Si., M.Pd. yang menjadi narasumber pada acara ini memberikan pencerahan tentang kaitan antara budaya dan matematika dan bagaimana penelitian kualitatif diimplementasikan untuk menggali kaitan tersebut melalui gagasan Ethno-Realistic Mathematics Education. Ada tiga aspek penting yang dikemukakan oleh narasumber dalam mengimplementasikan gagasan Ethno-Realistic Mathematics Education ini, yaitu (1) eksplorasi artefak dan maintefak budaya untuk selajutnya dijadikan sebagai starting point dalam proses pembelajaran, (2) desain pembelajaran berdasarkan hasil eksplorasi, dan (3) implementasi desain pembelajaran yang telah dirancang. Beberapa hal penting yang bisa dijadikan bahan pembelajaran adalah making culture as a starting point dalam proses pembelajaran dan mengintegrasikan culture value.

Acara yang berlangsung secara online melalui Zoom Meeting dan dimulai tepat pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB dihadiri kurang lebih 260 orang peserra yang terdiri dari dosen di rumpun matematika FMIPA UNJ, mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ, dan beberapa peserta umum. Peserta mengikuti acara dengan antusias. Hal ini ditunjukkan dengan adanya 3 termin di sesi tanya jawab di mana setiap termin terdapat tiga pertanyaan.

Kegiatan ini mudah-mudahan memberikan inspirasi bagi dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ dalam melakukan penelitian sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi yang dapat berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia yang berdaya saing global dan berkebudayaan.