Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Pengabdian kepada Masyarakat 2023: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Pada tanggal 22-24 Juli 2023, Dosen-dosen S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ mengadakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Kegiatan ini terlaksana sebagai hasil kerja sama antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Jakarta dengan Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala SMK N 61 Jakarta (Bapak Heru Puspito, S.Pd.), Kepala SDN Tidung 03 (Ibu Rustini), Peserta baik dari kalangan siswa, guru, dan juga Masyarakat, serta rombongan dari rumpun matematika yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala SMK N 61 Jakarta yang sekaligus menjadi tuan rumah kegiatan ini. Dalam sambutannya Pak Heru menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan”, tambahnya.

Sementara itu, perwakilan dari rombongan rumpun matematika, Bapak Dr. Makmuri, M.Si., yang juga menjabat coordinator program studi S2 Pendidikan Matematika menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan pihak SMK N 61 Jakarta yang telah bersedia menjadi mitra dalam kegiatan ini. Beliau mengingatkan bahwa, “Kegiatan pengabdian pada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan penting dalam Tri Dharma perguruan tinggi yang harus ditunaikan oleh setiap dosen”.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Narasumber dari kegiatan ini adalah dosen-dosen S2 Pendidikan Matematika, yaitu: Dr. Makmuri, M.Si., Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si., Dr. Lukman El Hakim, M.Pd., Dr. Meiliasari, M.Sc., Tian Abdul Aziz, Ph.D. Dr. Flavia Aurelia Hidajat, S.Pd., M.Pd. Para dosen menyampaikan materi yang berbasis pada pembelajaran matematika, evaluasi pembelajaran dan teknologi pendidikan.

Peserta kegiatan ini terdiri dari siswa sekolah dasar, guru jenjang SD, SMP, dan SMK, serta warga Masyarakat sekitar. Mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang materi-materi yang diberikan.

Berdasarkan hasil kuesioner di akhir kegiatan, para peserta mengungkapkan hal yang positif tentang kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top