Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNJ

Workshop: Integrating ICT and STEM for Mathematics Learning (In Collaboration with SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics)

Program studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta angkatan 2022  bekerjasama dengan SEAMEO Regional Centre for QITEP in Mathematics (SEAQiM) gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Pengajaran Matematika berbasis ICT dan STEM secara online dengan tema “Integrating ICT and STEM for Mathematics Learning” yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa–Rabu tanggal 15–16 Agustus 2023 pukul 08.00–16.00 WIB.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan inovasi mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran matematika berbasis ICT dan STEM, serta meningkatkan kompetensi profesional sebagai calon guru atau dosen matematika yang mampu mengadaptasi teknologi dan ilmu pengetahuan dalam pembelajaran matematika.

Peserta dari kegiatan pelatihan ini terdiri dari 21 mahasiswa program studi Magister Pendidikan Matematika dan dua orang dosen selaku dosen pembimbing dalam kegiatan pelatihan ini, yakni ibu Dr. Meiliasari, M.Sc. dan Dr. Flavia Aurelia Hidajat, M.Pd.

Pada hari pertama, kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan dari pihak  SEAQiM oleh Cecillia Cahyaningsih Kristilestari, S.E. dan dari pihak UNJ yang disampaikan oleh Dr. Makmuri, M.Si. Direktor SEAQiM yang diwakili oleh Dr. Sri Wulandari Danoebroto sebagai Deputi Direktur Program SEAQiM secara resmi membuka acara pelatihan.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber dari pihak SEAQiM, yaitu G. Yoga Utama, M.Sc. dan   Ummy Salmah, M.Pd., M.Sc. dan disampaikan melalui zoom. Topik pelatihan pada hari pertama adalah “How to teach and learn mathematics using GeoGebra” yang disampaikan oleh Yoga Utama, M.Sc.

Pemateri pada hari kedua, Ummy Salmah, M.Sc., memberikan dua topik pelatihan dan terbagi menjadi dua sesi, yaitu “Exploring STEM Activities” pada sesi pertama dan “Integrating STEM into Indonesian Curriculum” pada sesi kedua.

Kegiatan pelatihan selama dua hari ini berjalan dengan lancar. Berbagai pertanyaan informatif dan kritis dari peserta pelatihan dapat direspon dengan baik oleh pemateri.

Sebelum kegiatan ditutup, peserta pelatihan menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti pelatihan dan kemudian secara resmi ditutup oleh Dr. Sri Wulandari Danoebroto.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top