Prodi Pendidikan Fisika UNJ Selenggarakan Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum Kepada Guru dan Mahasiswa

Asesmen Nasional (AN) telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengganti Ujian Nasional (UN), dengan mengandalkan Asesmen Kompetensi Minumum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar, sebagai cara pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah, madrasah serta program kesetaraan jenjang dasar dan menengah.

Sebagai peran aktif perguruan tinggi dalam hal ini, Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan Pelatihan AKM dan Teknikal Tes Berbasis Komputer pada 31 Mei hingga 4 Juni 2021 dan dilanjutkan dengan valuasi kegiatan serta verifikasi output pelatihan pada 7 hingga 15 Juni 2021 kemarin.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang merupakan guru dengan prestasi dan latar belakang pengalaman sesuai dengan materi yang disampaikan, yaitu Wahyu Setya Wenangsari, yang adalah guru SMA Negeri 1 Lawang Malang dan Bintang Ronauli, guru SMPK 5 Penabur Jakarta. Kombinasi antara narasumber dan peserta ini merupakan perwujudan konsep ‘share to learn – learn to share’.

Bagi peserta yang berasal dari elemen kepala sekolah kegiatan ini bisa memberikan wawasan dan sumbangsih ide bagi program sekolah, sedangkan bagi guru bisa menjadi ajang upgrade keterampilan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bermanfaat bagi pengembang teknologi pembelakaran karena akan memberikan ide dan kerangka model terapan dan penggunaan teknolgi pembelajaran yang tepat.

Target jangka pendek dari kegiatan ini adalah bisa membuat peserta memiliki keterampilan membuat soal asesmen komptensi minimum dan meningkatkan keterampilan membuat tes dengan platform Learning Management System. Sedangkan untuk target jangka panjang dapat secara kontinu menyelenggarakan pelatihan yang merupakan bagian framework TPACK, terutama technological knowledge dan pedagogical knowledge.

Ketua Pelaksana pelatihan ini menyebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan para guru dan mahasiswa. Selama ini, Program Studi Fisika, FMIPA, UNJ memang telah melakukan berbagai kegiatan pelatihan yang melibatkan SDM di dunia pendidikan. Kali ini, pihaknya menggandeng mitra MKKS SMA Kabupaten Pandeglang dan Forum MGMP SMA Kabupaten Pandeglang ikut terlibat.

“Platform program Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Fisika UNJ terdiri dari 2 platform e-learning, yaitu p2mfisika dan ontrack. Platform p2mfisika ditargetkan kepada rekan guru khususnya pengampu bidang Fisika dan IPA, sedangkan platform ontrack dengan target peserta yang lebih luas dan materi yang bersesuaian dengan harapan impact hasil pelatihan dapat lebih luas,” ujar Dewi Muliyati, Dosen Program Studi Fisika UNJ.Diktetahui bahwa pada tahun 2020, pihaknya telah berhasil menyelenggarakan 4 kegiatan OnTrack dengan mitra kerjasama Ikatan Guru Indonesia. Dari seluruh peserta kegiatan tersebut, dipilih peserta terbaik dan sebagiannya adalah guru dari Pandeglang.

Kegiatan kali ini diikuti sejumlah 200 peserta yang berasal dari banyak provinsi mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Maluku Utara, bahkan ada peserta teregistrasi dengan afliasi dari Chiayi Province Taiwan.

Sedangkan sebaran peserta terdiri dari dosen, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, pengembang teknologi pembelajaran dan mahasiswa.Dari kalangan peserta mahasiswa, mereka berharap kegiatan ini akan memberikan pengalaman belajar terhadap bidang yang akan menjadi profesinya, setelah lulus dari perguruan tinggi nanti.

Mereka berasal dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Negeri Semarang, yang sekaligus tergabung dalam program kampus merdeka di kelas pendidikan fisika UNJ.Hal ini mendapat sambutan yang sangat baik dari Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika UNJ, Esmar Budi, yang menyatakan bahwa “Pendidikan Fisika UNJ akan terus berkontribusi dalam program kampus merdeka.”

https://akurat.co/unj-sukses-gelar-pelatihan-asesmen-kompetensi-minimum-guru-dan-mahasiswa

Written by 

Program Studi Pendidikan Fisika UNJ S1.