PKKMB FMIPA UNJ 2021

            Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau yang lebih dikenal dengan PKKMB telah dilaksanakan. Agenda tahunan ini bertujuan dalam rangka memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru supaya dapat beradaptasi baik secara akademik maupun non akademik. Diharapkan mahasiswa baru memiliki kesiapan untuk menjalani perkuliahan serta memiliki kebanggaan terhadap almamater Universitas Negeri Jakarta. Pelaksanaan PKKMB UNJ 2021 tidak hanya melibatkan panitia PKKMB Pusat dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, tetapi juga melibatkan panitia PKKMB Fakultas maupun Program Studi melalui Badan Eksekutif Mahasiswa sesuai tingkatan.

            PKKMB FMIPA UNJ 2021 dilaksanakan sebagai upaya memperkenalkan kehidupan kampus yang lebih spesifik seusai ranahnya sendiri yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Negeri Jakarta. Melalui PKKMB FMIPA UNJ 2021, diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal lebih Fakultas dimana ia akan menuntut ilmu serta meningkatkan kapasitas diri di sana. PKKMB FMIPA UNJ 2021 mengusung tema “Brilliant, Religious, Active and Enegetic” yang kemudian memiliki akronim “BRAVE”. Agend ini dilaksanakan menyesuaikan timeline pelaksanaan PKKMB UNJ 2021. Dalam pelaksanaannya, Panitia PKKMB FMIPA berkolaborasi bersama Tim Pengawasan dan Evaluasi (TIPE) PKKMB FMIPA UNJ 2021 dan Kaka Daring dalam menghadirkan PKKMB FMIPA UNJ 2021 yang aman dan kondusif.

Berikut timeline pelaksanaan PKKMB FMIPA UNJ 2021.

1. Pembekalan PKKMB FMIPA UNJ 2021

:

12 Agustus 2021

2. MIPA EXPO

:

14 Agustus 2021

3. PKKMB FMIPA UNJ 2021 Hari-1

:

18 Agustus 2021

4. PKKMB FMIPA UNJ 2021 Hari-2

:

19 Agustus 2021

 

            Pelaksanaan agenda PKKMB FMIPA UNJ 2021 sesuai timeline yang diberikan oleh panitia PKKMB Pusat, ditambah Panitia PKKMB FMIPA mengadakan agenda Pembekalan PKKMB FMIPA UNJ 2021. Agenda ini dilakukan dalam rangka penyampaian informasi-informasi serta tata tertib yang berkaitan dengan pelaksanaan PKKMB, sehingga pelaksanaan puncak PKKMB FMIPA UNJ 2021 berjalan sebagaimana mestinya. Pembekalan ini dilaksanakan pada 12 Agustus 2021 dan hari berikutnya dilaksanakan pula Pembekalan PKKMB Program Studi. Selain itu, dirancang pula agenda yang bernama “MIPA EXPO” dimana pada agenda ini dihadiri oleh OPMAWA dan ORMAWA yang ada di FMIPA. Pelaksanaan MIPA EXPO mengusung konsep yang sama seperti Festival Minat dan Bakat yang ada di dalam Rangkaian PKKMB UNJ 2021. Namun, MIPA EXPO  menghadirkan organisasi-organisasi yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

            PKKMB FMIPA UNJ 2021 hari pertama dilaksanakan bersamaan dengan agenda Kelas Online MBKM yang dilaksanakan Universitas. Dimana Kelas Online dilaksanakan pagi sampai dengan siang hari, kemudian dilanjut oleh agenda PKKMB FMIPA UNJ 2021. Dalam PKKMB FMIPA UNJ 2021 hari pertama dihadiri oleh seluruh Pimpinan Fakultas baik itu Senat, Rektorat, serta dihadiri oleh Koordinator Program Studi yang ada di FMIPA UNJ. Pada hari pertama terdapat materi pengenalan Pimpinan Fakults kepada mahasiswa baru FMIPA 2021, melalui materi ini mahasiswa baru dapat mengenali dan mengetahu tugas dari pimpinan-pimpinan fakultas. Selain itu, disampaikan pula materi-materi universitas yang dipandu langsung oleh Kaka Daring.

            Selanjutnya, PKKMB FMIPA UNJ 2021 hari kedua ini dilaksanakan sedari pagi sampai dengan sore hari.  Pada hari kedua ini disampaikan materi pengenalan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh universitas maupun fakultas khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua Alam Universitas Negeri Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan Talkshow bersama mahasiswa-mahasiswa berprestasi di FMIPA, diharapkan melalui materi ini mahasiswa baru FMIPA 2021 akhirnya terus termotvasi untuk berprestasi ketika menjalani kehidupan perkuliahan nantinya. Kemudian, ditutup dengan penyampaian materi-materi universitas yang dipandu oleh Kaka Daring. Diakhir rangkaian hari kedua, disampaikan bahwa akan masih ada rangkaian PKKMB UNJ 2021 yaitu PKKMB prodi dan Closing PKKMB UNJ 2021.

Written by 

Program Studi Pendidikan Fisika UNJ S1.