Workshop of Physics 13th International Physics Seminar 2024 (IPS 2024)

Departemen Fisika Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta telah melaksanakan workshop pada tanggal 31 Mei 2024. Workshop ini diselenggarakan sebagai pendahulu dari kegiatan International Physics Seminar (IPS) yang ke 13. Workshop pendidikan fisika dengan narasumber Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc. dan Dr. Noorzana Khamis di ruang sidang 1 Gedung Hasyim Asy’arie Lantai 6, Universitas Negeri Jakarta.

Workshop Pendidikan Fisika: Peserta workshop pendidikan fisika dihadiri oleh guru, dosen, dan mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia dengan total 24 peserta. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi oleh Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung. Materi yang disampaikan mengenai sejarah spektroskopi, fotometri dan simulasi fotometer. Narasumber mendampingi peserta dalam menggunakan software CLEA dan VIREO. Penggunaan software tersebut memberikan pengalaman secara virtual kepada peserta dalam bidang astronomi

Pemaparan materi dalam workshop pendidikan fisika ditutup oleh Dr. Noorzana Khamis dari Department of Science Mathematics Education, Social Education, Faculty of Social Science and Humanity, Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Beliau memaparkan tentang “Active Learning through STEM”. Materi yang disampaikan terkait lingkungan pembelajaran efektif, pembelajaran berpusat pada peserta didik, active learning, metode dan model pembelajaran inovatif, pembelajaran terintegrasi teknologi, asesmen dan evaluasi, STEM dan penelitian pendidikan fisika. Beliau memberikan saran kepada pendidik untuk lebih merencanakan kegiatan mengajar agar tercipta pembelajaran yang efektif. 

Kami, panitia Workshop of Physics pada 13th International Physics Seminar 2024 (IPS 2024), mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor yang telah berkontribusi dalam mendukung terlaksananya acara ini. Ucapan terima kasih khusus kami sampaikan kepada Walcoo dan Attin. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Serian atas komitmen dan dukungan pribadi yang Anda berikan, yang sangat berharga bagi kami dan turut mendukung kesuksesan acara ini. Tidak lupa, kami berterima kasih kepada RS. PON atas dukungan yang telah disediakan. Dengan dukungan Anda semua, kami dapat menyelenggarakan workshop ini dengan baik dan memberikan pengalaman yang berharga bagi para peserta. Kami berharap dapat terus menjalin kerja sama yang baik di masa mendatang.

Written by 

Program Studi Pendidikan Fisika UNJ S1.