Lokakarya Penyusunan Kegiatan OPMAWA Tahun 2023

Sehubungan dengan dimulainya masa tugas Organisasi Pemerintahan Mahasiswa Tahun 2023, maka diadakan Lokakarya Penyusunan Program Kerja Organisasi Pemerintahan Mahasiswa yang dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Maret 2023 di Ruang Sidang GHA FMIPA Lt. 6.

Kegiatan dibuka oleh pembawa acara dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan doa. Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Dekan FMIPA UNJ, Prof. Dr. Muktiningsih N., M.Si. Dalam arahannya Dekan menegaskan bahwa program kerja harus mengawal dan menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) poin nomor 2 yaitu mahasiswa harus berprestasi dalam kegiatan lomba tingkat nasional, dan  hasilnya dapat digunakan bagi mahasiswa FMIPA, sebagai poin dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Program Kerja  boleh diluar pencapaian IKU 2 dengan catatan dapat menghasilkan dan mewujudkan internasionalisasi, serta diharapakan proker terbagi atas tiga waktu yaitu: program kerja jangka panjang, program kerja jangka pendek, program kerja jangka waktu menengah, untuk mengetahui bagaimana program kerja dilaksanakan disusun dengan kontinu, inovatif dan berbasis Teknologi Informasi. Untuk menunjang kegiatan maka BEM harus berkonsultasi dengan masing-masing pembina BEM.

Arahan selanjutnya oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Esmar Budi, MT. Dalam arahannya disampaikan bahwa BEM harus bisa membantu dan melatih mahasiswa terjun ke masyarakat, mahasiswa juga harus difasilitasi dalam pelatihan-pelatihan yang mendapat sertifikat kompetensi, sementara arahan dari Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Sudarwanto, M.Si., DEA, beliau mengatakan bahwa anggaran pembinaan BEM agar digunakan sebaik-baiknya dalam menunjang IKU, program kerja yang sifatnya bantuan sosial tidak diperkenankan, dan juga tidak boleh bersifat penghabisan dana,  dan diwajibkan untuk pengelolaan keuangan secara safety, serta akuntable.

Arahan selanjutnya disampaikan oleh Koord. Layanan Administrasi Akademik dan Kemaha
siswaan, Cipto Wardoyo, S.Pd, dimana mahasiswa diarahkan dalam tertib administrasi dalam persuratan, SOP pengajuan persuratan, dan terakhir arahan disampaikan oleh Staff  Tendik Koord. Layanan Administrasi Umum dan Keuangan, Wiwik Endang S., S.Pd, dimana mahasiswa diberikan arahan dalam mengatur mekanisme keuangan dalam melaksanakan program kerja dari mulai proposal hingga laporan akhir Kegiatan selanjutnya adalah arahan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si, terkait kegiatan-kegiatan BEM, capaian kegiatan BEM dan IKU, serta membahas dan diskusi terkait berbagai hal bidang kemahasiswaan. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi porgram kerja setiap BEM Prodi dan diakhiri dengan penutup oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswan dan Alumni. Semoga bidang kemahasiswaan dapat menjalankan program kerjanya dan mahasiswa FMIPA UNJ dapat meraih banyak prestasi.

Written by 

Program Studi Pendidikan Fisika UNJ S1.