Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menggambarkan kompetensi sebagai berikut:
1. Kompetensi Utama
- Mempunyai kemampuan kepribadian dan sosial yang meliputi kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya serta mampu mengomunikasikannya melalui kegiatan ilmiah.
- Menguasai materi dan kurikulum pelajaran fisika pada tingkat sekolah menengah.
- Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran fisika di tingkat sekolah menengah.
- Mampu mengelola kelas, laboratorium, dan workshop fisika pada tingkat sekolah menengah.
- Mampu mendayagunakan berbagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran fisika.
- Memahami penyelenggaraan manajemen dan administrasi sekolah.
- Mampu mengikuti penyelenggaraan manajemen dan administrasi sekolah.
- Mampu mengikuti perkembangan terbaru di bidang pendidikan fisika, meneliti, dan mengelolanya untuk pengembangan metode pembelajaran fisika.
- Mampu mengembangkan diri menjadi profesional di bidang pendidikan.
2. Kompetensi Pendukung
- Memiliki wawasan kewirausahaan dalam pengembangan diri sesuai bidang kepeminatannya.
- Memiliki nilai-nilai olympisme untuk penunjang pengembangan diri dan berkehidupan bermasyarakat.
Visi
To become an excellent study programme in physics education enriched with advanced information technology media-based learning environments through collaboration with various institutions at the Asian level.
Misi
- Menyiapkan tenaga kependidikan fisika yang berkualitas sehingga kompetitif, mampu meneliti dan menerapkannya pada lembaga pendidikan di tingkat nasional dan internasional.
- Menyiapkan lulusan untuk dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam riset bidang fisika dan penerapannya sesuai dengan bidang kepeminatannya.
- Menyiapkan lulusan yang memiliki wawasan keilmuan, keterampilan, kewirausahaan, dan nilai-nilai olahraga sehingga mampu mengembangkan diri di masyarakat.
Tujuan
- Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang berkualitas sehingga kompetitif, mampu mengembangkan diri, meneliti dan menerapkannya pada lembaga pendidikan.
- Menghasilkan tenaga guru sains/ fisika pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
- Menghasilkan tenaga pengelola laboratorium di tingkat sekolah menengah.