Launching JPPPF – Volume 1 No 1

Program Studi Pendidikan Fisika UNJ pada 31 Juni 2015 resmi menerbitkan edisi pertama dan terbitan pertama JPPPF – Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, dengan daftar judul artikel dan penulis sebagai berikut:

  1. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning
    Sherly Kalatting, Vina Serevina, I Made Astra
  2. Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa
    Adam Malik
  3. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
    Izzah Imaniyah, Siswoyo, Fauzi Bakri
  4. Penerapan Five Stage Conceptual Teaching Model untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Konsistensi Ilmiah pada Siswa SMA
    Resta Krishnayanti, Selly Feranie, I Made Padri
  5. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA
    Laras Widianingtiyas, Siswoyo, Fauzi Bakri
  6. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika Kelas X: Penelitian Tindakan Kelas
    Septian Efendi , Irwan Koto
  7. Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2
    Upik Rahma Fitri, Desnita, Erfan Handoko
  8. Rancang Bangun Virtual Laboratory Pemuaian untuk SMP
    Novi Nurhayati, Ijang Rohman
  9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Gerak Partikel Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning
    Vina Serevina, Dewi Muliyati
  10. Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Energi dan Energi Kinetik Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas
    Heni Rusnayati, Rahellia Stefani, Agus Fanny Chandra Wijaya
  11. Pemahaman Mahasiswa Tentang Efek Fotolistrik
    Siswoyo
  12. Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Momentum
    Saeful Karim, Duden Saepuzaman, S. P. Sriyansyah
  13. Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Fisika
    Fauzi Bakri, Sabar Budi Raharjo
  14. Modeling Instruction pada Materi Fisika Modern
    Dian Wahid Hermawan, Sutikno, Masturi

Keempatbelas artikel ini telah melalui sistem peer-review baik dosen internal Pendidikan Fisika UNJ maupun mitra bestari. JPPPF merupakan jurnal open access yang dikembangkan dengan content management system Open Journal System (OJS). Ke depannya, JPPPF ditargetkan terindeks di banyak lembaga pengindeks agar semua artikel dapat terakses oleh banyak orang.

cover_issue_1_en_US

Written by 

Program Studi Pendidikan Fisika UNJ S1.