Wanda Amelia Rahma, Mawapres FMIPA 2016Wanda Amelia Rahma, Mawapres FMIPA 2016

Jakarta, Prodi Pendidikan Kimia UNJ. Seleksi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang diselenggarkan setiap tahun kembali bergulir di bulan Maret Tahun 2016. Lima belas mahasiswa terbaik dari berbagai program studi di FMIPA saling bersaing untuk menjadi Mahasiswa berprestasi utama FMIPA UNJ 2016 yang akan mewakili FMIPA dakam seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat universitas. Seleksi mahasiswa berprestasi ini dikelola oleh Pembantu Dekan III FMIPA UNJ yang terdiri dari interview oleh Bapak Rusdi M.Biomed selaku PD III FMIPA UNJ dan dilanjutkan dengan presentasi Karya Tulis Ilmiah  secara tertutup oleh 5 dewan juri yang merupakan perwakilan dari jurusan kimia, matematika, fisika, dan biologi pada hari Senin, 21 Maret 2016.

Keesokan harinya, 22 Maret 2016 diumumkanlah mahasiswa berprestasi utama FMIPA UNJ tahun 2016 yaitu Wanda Amelia Rahma, seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNJ angkatan 2013. Mahasiswa yang memiliki motto “Hidup adalah belajar dari pengalaman maupun kesalahan” ini berhasil menyandang predikat MAWAPRES FMIPA UNJ 2016 dan harus melanjutkan perjuangannya untuk bersaing di tingkat universitas bulan April mendatang.

Perjuangan masih  belum berakhir karena tepat di hari pengumuman, Wanda diminta untuk menyiapkan berkas sebagai persyaratan seleksi mahasiswa berprestasi utama tingkat universitas. Diantaranya yaitu merevisi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang diajukan, membuat video keseharian, dan membuat video yang berisi ulasan KTI yang diajukan. 26 Maret 2016, selang 4 hari setelah pengumuman dan setelah melakukan beberapa kali diskusi dengan dosen pembimbing, Wanda harus mengganti judul KTI-nya yang semula mengulas tentang energi menjadi pendidikan yang sesuai dengan program studi-nya saat ini.

Keesokan harinya, KTI selesai dikerjakan dan siap untuk diajukan sebagai persyaratan utama seleksi mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Dan Tepat hari Jumat tanggal 1 April 2016 video keseharian selesai dibuat setelah melakukan beberapa proses take gambar pada tanggal 29 dan 30 Maret 2016 di lab microteaching, ruang diskusi, ruang kelas, dan di depan gedung FMIPA UNJ. Sedangkan video yang mengulas Karya Tulis Ilmiah, baik pengambilan gambar maupun proses editing akan dibuat pada hari Senin mendatang tanggal 4 April 2016.  11 April 2016 akan dilaksanakan tes prikologi untuk seluruh mahasiswa berprestasi berbagai fakultas di UNJ. Dan pengumpulan seluruh berkas pada hari kamis tanggak 14 April 2016.

Tepat pada tanggal 1 April lalu, Wanda mendapat kabar bahwa ia lulus seleksi sekaligus berhak menyandang gelar sebagai “Cikgu VTIC 5” yang diadakan oleh VTIC Foundation. VTIC Foundation (Volunteerism Teaching Indonesian Children) adalah sebuah yayasan sosial pendidikan yang berfokus pada kegiatan mengajar anak-anak Tenaga Kerja Indonesia, terutama di daerah Miri, Serawak, Malaysia selama 3 pekan. Insya Allah Wanda akan ke Malaysia pada agustus mendatang.

Menjadi Mahasiswa Berprestasi merupakan impian hampir semua orang yang memiliki identitas sebagai mahasiswa. Namun, tidak semua mahasiswa mampu melewati prorses yang panjang dan penuh duri agar dapat mendapat predikat sebagai mahasiswa berprestasi. Wanda Amelia Rahma, mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi dan mengikuti perlombaan sejak melangkahkan kakinya di semester satu telah membuktikan dirinya mampu mendapat predikat mahasiswa berprestasi utama FMIPA UNJ melalui ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas. Semangatnya yang tidak pernah putus dan sifatnya yang pantang menyerah membuat ia layak mendapatkan yang terbaik. Kita doakan agar ia dapat meraih gelar Mawapres UNJ hingga lebih banyak lagi kebermanfaatannya bagi sesama.

Penulis : Anna Rahmadianty
Editor    : el.

 

Similar Posts