Ditulis oleh: Talitha Erinna

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat yang diadakan oleh rumpun kimia FMIPA UNJ ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Bekasi dan Tangerang. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, pihak rumpun kimia FMIPA UNJ bekerja sama dengan SMPN 02 Tarumajaya, SDN Setia Mulya 01 dan 02, TK Islam Nurul Falah, dan Kelurahan Kaliabang Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 18 September 2021 dan 19 September 2021 secara daring dan luring. Sebanyak 17 dosen dan 23 Mahasiswa terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat ini. Terdapat 10 Judul Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan.

Pada hari pertama, yaitu tanggal 18 September 2021. Kegiatan dilaksanakan di SDN Setia Mulya Bekasi dan SMPN 02 Tarumajaya Bekasi mulai pukul 08.30-11.00 WIB. Sebanyak tiga judul dilaksanakan di SDN Setia Mulya Bekasi secara luring yaitu Pembelajaran Daring, Eksperimens Sains, dan Pembuatan Sabun Cair. sedangkan di SMPN 02 Tarumajaya Bekasi dilaksanakan empat judul. Dua judul secara luring yaitu Pembuatan Kompos Cair dan Pembuatan hiasan. Dua judul lainnya yaitu Soal Interaktif dan pembelajaran Interaktif dilaksanakan secara daring. Masing-masing judul dilaksanakan dalam waktu 1 jam 15 menit. Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan, pemaparan materi dilanjutkan pelatihan pada masing-masing judul pengabdian masyarakat dan penutup.

Pada hari kedua, yaitu tanggal 19 September 2021. Kegiatan dilaksanakan di dua daerah yaitu Tangerang dan Bekasi (Kelurahan Kaliabang tengah). Tiga judul dilaksanakan di tangerang, tepatnya di TK Islam Nurul Falah. Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.30-12.15 WIB dengan estimasi waktu dan rangkaian yang sama seperti hari pertama. Tiga judul tersebut adalah Literasi Digital secara daring, PTK, dan Eksperimen Sains secara luring. Sedangkan satu judul dilaksanakan di RW 06 Kelurahan Kaliabang Tengah Bekasi, yaitu Penyuluhan ketahanan pangan ( Urban Farming). Kegiatan di kelurahan Kaliabang Tengah ini dilaksanakan secara blended pukul 10.00 WIB.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang sudah dilakukan diharapkan mampu membantu Guru sekolah dan masyarakat umum meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan masing-masing judul. Kegiatan secara luring dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan mengingat kondisi panddemi Covid-19.

Similar Posts

Leave a Reply