MINGGU ADVOKASI

        Minggu Advokasi merupakan program kerja Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (ADKESMA) Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (ADVOKESMA) Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Kimia yang bertujuan untuk menyalurkan aspirasi, kritik, dan saran Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Kimia agar kualitas Program Studi menjadi lebih baik dalam pendidikan maupun pelayanan. Dalam kegiatan ini, Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Kimia sebelumnya telah diberikan angket oleh Badan Legislatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan Badan Legislatif Mahasiswa Prodi Kimia yang kemudian hasil angket tersebut dipaparkan pada saat acara Minggu Advokasi berlangsung kemudian dilakukan diskusi bersama Koordinator Prodi Pendidikan Kimia dan Koordinator Prodi Kimia. Di akhir acara kami menyediakan pengisian menti meter yang dapat diisi dengan harapan mahasiswa kedepannya baik untuk pendidikan dan pelayanan Prodi Pendidikan Kimia maupun Prodi Kimia.

Tanggal Kegiatan:
Hari, tanggal : Minggu, 2 Oktober 2022
Waktu           : 09.00 WIB – 11.30 WIB
Tempat         : Zoom Clouds Meeting

PPT ANGKET MINGGU ADVOKASI.pdf

PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru)

      Agenda tahunan menyambut mahasiswa/i baru Universitas Negeri Jakarta khususnya di Prodi Pendidikan Kimia. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan prodi Pendidikan Kimia dan membantu mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya di kampus intelektual, kampus pendidikan. Agenda ini dilaksanakan hybrid di kampus secara luring dan di Zoom Clouds Meeting secara daring. Kegiatan ini sebagai wadah bagi mahasiswa baru Pendidikan Kimia 2022 untuk mengenal dan cepat beradaptasi dengan dunia perkuliahan terutama di Prodi Pendidikan Kimia sejak awal masuk kampus. Tujuan lain dari kegiatan PKKMB adalah sebagai berikut:
1. Mengenalkan budaya yang ada di Pendidikan Kimia FMIPA UNJ.
2. Menciptakan interaksi yang harmonis antar civitas akademika rumpun kimia.
3. Mewujudkan mahasiswa baru pendidikan kimia yang berjiwa solidaritas dan kebersamaan.
4. Membentuk mahasiswa yang berintelektual dan berintegritas tinggi

Tanggal Kegiatan:
1. Pra PKKMB / Briefing PKKMB Pendidikan Kimia 2022
Hari, tanggal : Jumat, 19 Agustus 2022
Waktu           : Pukul 07.00 – 11.30 WIB
Tempat         : Zoom Meeting, WhatsApp Group, dan Google Classroom

2. Day 1 PKKMB Pendidikan Kimia 2022
Hari, tanggal : Kamis, 25 Agustus 2022
Waktu           : Pukul 07.00 – 12.00 WIB
Tempat         : Zoom Meeting, WhatsApp Group, dan Google Classroom

3. Day 2 PKKMB Pendidikan Kimia 2022
Hari, tanggal : Jumat, 26 Agustus 2022
Waktu            : Pukul 07.00 – 15.30 WIB
Tempat          : Gedung Hasjim Asj’arie lantai 2, Kampus A UNJ

 

PKMPB (Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Bersama)

       Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Bersama (PKMPB) Pendidikan Kimia dan Kimia adalah kegiatan yang dilaksanakan satu kali setiap satu periode dan merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) di Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia. Kegiatan ini sebagai wadah pengenalan minat dan bakat mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan kepemimpinan mahasiswa Pendidikan Kimia dan Kimia tepatnya angkatan 2021 dan 2022. Sekaligus menjadi kegiatan pembekalan bagi mahasiswa Pendidikan Kimia yang nantinya akan mengikuti OPMAWA Pendidikan Kimia dan Kimia. Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Bersama (PKMPB) Pendidikan Kimia dan Kimia 2022 mengangkat tema “Push Your Spirit to be Great Leader as the Next Generation of the Nation” . Kegiatan ini juga memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menambah wawasan mahasiswa dalam bidang kepemimpinan, organisasi, keilmiahan, politik, sosial kemasyarakatan, serta keterampilan dalam bekerja sama.
  2. Menanamkan jiwa kepemimpinan, organisasi, keilmiahan, politik, sosial kemasyarakatan, serta keterampilan dalam bekerja sama.
  3. Melakukan pengkaderan untuk membentuk mahasiswa yang berjiwa religius, visioner, inspiratif, kontributif, dan berperan dalam kebaikan.
  4. Mewujudkan kader penggerak Prodi Pendidikan Kimia yang peduli sosial serta menumbuhkan rasa solidaritas antarelemen organisator di lingkungan Prodi Pendidikan Kimia.

Tanggal Kegiatan:
1.Pra I
Hari, tanggal : Sabtu, 22 Oktober 2022
Waktu           : Pukul 07.00 – 11.50 WIB
Tempat         : WhatsApp Group dan Zoom Cloud Meetings

2. Pra II
Hari, tanggal : Minggu, 23 Oktober 2022
Waktu           : Pukul 07.00 -11.50 WIB
Tempat         : WhatsApp Group dan Zoom Cloud Meetings

3. Pass I
Hari, tanggal : Minggu, 30 Oktober 2022
Waktu           : Pukul 06.50 – 15.35 WIB
Tempat         : Lapangan Sport Complex UNJ Kampus

4. Pass II
Hari, tanggal : Sabtu, 5 November 2022
Waktu           : Pukul 06.50 – 15.45 WIB
Tempat         : Gedung KH Hasyim Asy’arie, Ruang 206 – 208

WORKSHOP PENDIDIKAN

         Kegiatan Workshop Pendidikan 2022 merupakan salah satu dari rangkaian Temu Kimia ke- 26 yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia 2022. Sasaran dari kegiatan Workshop Pendidikan 2022 adalah untuk masyarakat umum terutama bagi para mahasiswa, calon pendidik dan pendidik bidang MIPA, khususnya dalam bidang kimia. Rangkaian acara ini dihadiri pembicara kompeten dalam bidang Pendidikan khususnya dalam ilmu kimia yaitu Dr. Maria Paristiowati, M.Si. dan Ir. Ts. Dr. Fauzan Khairi Che Harun yang merupakan Dosen dari Universitas Teknologi Malaysia. Workshop Pendidikan 2022 difokuskan pada metode mengajar dan pembuatan media pembelajaran kimia di era digital. Kegiatan ini memiliki tema yaitu “Creative Media to Improve Computational Thinking in Digital Era”. Peserta akan membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menunjang kegiatan pembelajaran di era digital yang berkaitan dengan bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, teknologi, atau desain grafis. Karya setiap peserta akan dipublikasikan melalui media sosial Temu Kimia UNJ dan blog BEM Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNJ.

Hari, tanggal : Sabtu, 8 Oktober 2022
Waktu           : 08.45 WIB – 12.00 WIB
Tempat         : Zoom Meetings dan WhatsApp Group

Setelah diadakan seminar dan workshop mengenai media pembelajaran, diselenggarakan lomba pembuatan media pembelajaran dengan beberapa subtema yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Pendaftaran dan pengumpulan karya dilakukan dari tanggal 9 Oktober 2022 hingga 19 Oktober 2022. Terdapat 3 pemenang lomba media pembelajaran, diantaranya:

ROTATION

         Rosmik Festival and Competition (ROTATION) 2022 adalah suatu acara kompetisi dan webinar dalam bidang keagamaan yang diperuntukan kepada mahasiswa umum se-Nasional sebagai ajang penguji kemampuan mahasiswa saat ini. Acara Rosmik Festival and Competition (ROTATION) 2022 terdiri dari dua jenis lomba yaitu Lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) dan Lomba Poster untuk mahasiswa se-Nasional. Puncak acara Rosmik Festival and Competition (ROTATION) 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022 bersamaan pengumuman lomba dan diadakanya webinar yang bertemakan nilai-nilai moral keislaman. Kegiatan webinar akan disampaikan oleh pemateri yang kompeten yaitu Ahmad Fikriyansyah Syatiri, S.S. Sedangkan untuk kompetisi akan di nilai oleh juri yang ahli sesuai dengan bidangnya.

Berikut daftar peserta yang menang dalam perlombaan yang diadakan.

Lomba MTQ

  • Juara Ikhwan: Ahmad Rizqi Nurfadlillah dari Universitas Negeri Jakarta
  • Juara Akhwat : Sabrina Bahasyim dari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Lomba Poster

  • Juara 1: Arif Muzakki dari Universitas Negeri Jakarta
  • Juara 2: Nawang Sekar Fadila dari Universitas Negeri Jakarta

 

KOMINFO FESTIVAL

        Kominfo Festival (KOFEST) 2022 merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta. KOFEST tahun ini mengusung tema “Easy Way to Become The Young Creative Video Makers”. Acara ini difokuskan pada pengenalan dan pengaplikasian edit video yang akan dihadiri oleh narasumber kompeten dalam bidang editing video. Sasaran dari kegiatan Kominfo Festival 2022 adalah untuk masyarakat umum terutama bagi para mahasiswa dan generasi muda yang berminat mengasah kemampuan di bidang editing video.
Kegiatan Kominfo Festival 2022 terdiri dari dua agenda, yaitu pelatihan edit video dan lomba video kreatif. Seluruh agenda dilakukan secara daring di rumah masing-masing melalui platform online. Agenda pelatihan edit video menggunakan aplikasi Filmora dilaksanakan satu hari pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 25 Juni 2022
Waktu         : 08.45 WIB – 11.55 WIB
Tempat      :WhatsApp Group dan Zoom Cloud Meetings

Pemateri pada pelatihan edit video ini dibawakan oleh Radinal Ridwan. Materi yang disampaikan berupa hal-hal dasar yang perlu dipahami dalam mengedit video yang menarik menggunakan aplikasi Filmora. Materi tersebut mencakup informasi mengenai bagaimana cara membuat transisi yang halus, pemberian efek warna dan efek gambar pada video, cara memasukkan audio dalam video, pemberian efek suara yang menarik di bagian-bagian tertentu video, serta segala fitur yang tersedia di aplikasi Filmora. Setelah penyampaian materi singkat, dilanjutkan dengan sesi pelatihan edit video menggunakan aplikasi Filmora. Pelatihan yang dilakukan berupa pembuatan video dan melakukan kreasi teknik juga fitur dalam pengolahan suatu perangkat lunak untuk editing video yang setelahnya pemateri akan menjadi penilai untuk hasil editing video yang telah dibuat oleh peserta.

         Lomba video kreatif mengangkat tema “Indonesia Aktif, Masyarakat Kreatif” serta terdapat beberapa sub tema diantaranya adalah pendidikan, kesehatan, teknologi, dan lingkungan. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2022 hingga 1 Juni 2022. Penilaian karya dilakukan oleh pemateri pelatihan sebelumnya, yaitu Radinal Ridwan. Terdapat 6 peserta yang mengikuti lomba video kreatif, berikut nama peserta serta tautan hasil video kreatif:

  1. Yunita Wijayanti: https://youtu.be/nMlxcmNHZ9Y
  2. Evelyn Vivian Alicia Siregar: https://youtu.be/Rmwi4HgSULc
  3. Yeremia Antonius: https://youtu.be/pJxSht6Saxk
  4. Endah Siti Fauziah: https://youtu.be/gP_mByKidsI
  5. Ameliana Shakila Septiana: https://youtu.be/aSKlRskm5z4
  6. Eny Triwahyuni: https://youtu.be/gIiUbq44bgA

Penilaian video kreatif dilakukan pada tanggal 1 Juli 2022 hingga 2 Juli 2022, kemudian pemenang lomba diumumkan pada tanggal 3 Juli 2022. Terdapat 3 pemenang lomba video kreatif, yaitu:

  • Juara 1: Ameliana Shakila Septiana
  • Juara 2: Eny Triwahyuni
  • Juara 3: Endah Siti Fauziah

 

IsTalk (INTERNATIONAL SCHOLARSHIP TALKS)

       Kegiatan International Scholarship Talks (ISTalks) merupakan kegiatan perlombaan esai bahasa inggris yang bertujuan untuk meningkatkan skill penulisan esai dalam bahasa inggris serta kegiatan seminar yang bertujuan untuk mensosialisasikan beasiswa luar negeri agar mahasiswa mengetahui berbagai jenis beasiswa luar negeri serta mengetahui bagaimana cara meraih beasiswa tersebut. Kegiatan webinar Internasional Scholarship Talks (ISTalks) 2022 bertemakan “Be a good planner for having the best future through scholarship”. Puncak kegiatan ISTalks tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 dengan diadakannya webinar dan mengumumkan pemenang lomba esai bahasa inggris.

         Kegiatan ini berawal dari perlombaan esai bahasa inggris yang bertujuan untuk melatih skill penulisan esai yang baik dan benar, terutama untuk memenuhi persyaratan mengikuti beasiswa internasional yang di nilai oleh juri, yaitu Dr. Irwanto M.Pd. dan Agustiani Putri, S.Pd. Selain perlombaan esai bahasa inggris, Adapun webinar IsTalks yang membahas tentang tips dan trik untuk meraih beasiswa internasional, serta memotivasi peserta untuk mendapatkan beasiswa internasional.

Pembicara

  • Asep Rudi Casmana, S.Pd.,
    Penerima beasiswa S2 LPDP di The University of York.
  • Kinanti Beningasih
    Penerima beasiswa Global Korea Scholarship di Chonnam National University.

Pemenang

  • Juara 1 : Miranda Rahma Puspita dari STIKES Wira Medika Bali
  • Juara 2: Yeremia Antonius dari Universitas Negeri Jakarta
  • Juara 3 : Arhani Laila Hudaningrum dari Universitas Negeri Jakarta

 

PESONA KIMIA

        Pesona Kimia 2022 merupakan salah satu rangkaian dari acara Temu Kimia, sebagai suatu kompetisi ilmu kimia yang diperuntukkan kepada Mahasiswa Se-Nasional. Acara ini menjadi ajang pengujian kemampuan analisis penggunaan ilmu kimia. Acara Pesona Kimia 2022 terdiri dari dua jenis yaitu lomba esai dan poster ilmiah Pesona Kimia 2022 yang diperuntukkan untuk mahasiswa Se-Nasional yang ingin menambah pengalaman dan berprestasi di bidang kimia. Acara pada tahun ini bertemakan Let’s Develop and Show your Potential in Chemistry.

           Kegiatan Pesona Kimia 2022 diselenggarakan via Whatsapp Group untuk presensi dan pengarahan peserta untuk membuka, lalu memasuki Zoom Meetings yang sudah diberikan. Selain itu digunakan pula google form untuk mengisi presensi panitia maupun peserta. Pada hari Selasa, 27 September 2022 telah dilaksanakan technical meeting untuk pembekalan sesi presentasi lomba esai dan lomba poster ilmiah Pesona Kimia XXVI. Kemudian pada hari Sabtu, 2 Oktober 2022 telah dilaksanakan sesi presentasi lomba esai. Lomba esai bersifat tim yang berisi dua orang per tim nya dengan tema “Inovasi dan Kontribusi Pemuda Indonesia dalam Mewujudkan Kimia Berkelanjutan untuk Menghadapi Isu Lingkungan”. Lomba esai maupun poster ilmiah berlangsung dalam dua babak, yaitu babak penyisihan (seleksi 5 finalis) dan babak final. Jumlah peserta pada lomba esai yaitu 9 tim. Lomba poster bersifat tim dengan jumlah 9 tim pendaftar. Untuk sesi presentasi, waktu yang diberikan kepada peserta adalah 25 menit, 10 menit presentasi dan 15 menit sesi tanya jawab. Pengumuman lomba dilakukan di WhatsApp Group dan Email oleh Panitia Pesona Kimia 2022 pada Jumat, 7 Oktober 2022 pukul 08.30 WIB. Pengumuman lomba juga diumumkan melalui Instagram Temu Kimia.

Berikut daftar pemenang lomba Pesona Kimia 2022:

Lomba Esai

  • Juara I : Nevanda Audri Tesata Kusuma dan La Tazkia Aulia Wibowo
  • Juara II : Bina Permana dan Hilman Syafei
  • Juara III : Nabila Annisa Putrie dan Elsa Avrillia Putri

Lomba Poster

  • Juara I : Bina Permana dan Hilman Syafei
  • Juara II : Ameliana Shakila Septiana dan Ayu Fatimah
  • Juara III : Lidia Maulidina Puteri dan Novia Lis Cahyati

Similar Posts