Identitas Diri
1 | Nama Lengkap (dengan gelar) | Dr. Achmad Ridwan, M.Si. |
2 | Jenis Kelamin | Laki-laki |
3 | Jabatan Fungsional | Lektor |
4 | NIDN | 0007086307 |
5 | achmadridwan@unj.ac.id | |
6 | Alamat Kantor | Jalan Rawamangun Muka, Kampus A UNJ, Gd. KH. Hasjiem Asj’arie Lt. 5 |
7 | Mata Kuliah yang Diampu |
|
Riwayat Pendidikan
S-1 | S-2 | S-3 | |
Nama Perguruan Tinggi | IKIP Jakarta | UGM | UNJ |
Bidang Ilmu | Pendidikan Kimia | Kimia Fisika | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Tahun Masuk-Lulus | |||
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi | |||
Nama Pembimbing/Promotor |
Pengalaman Penelitian 5 Tahun Terakhir
No | Tahun | Judul Penelitian | Pendanaan | ||
---|---|---|---|---|---|
Sumber | Jumlah (Rp) | ||||
2018 | Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Brain Based Learning Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Kimia | UNJ | |||
2018 | Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Kimia Pada Konsep Asam Basa: Laboratory Jargon | FMIPA UNJ | |||
2017 | Development of Students’ 21st Century Skills Through Student Mobility In International Multidisciplinary Project Based Learning | UMAP, Japan | |||
2017-2018 | Pengembangan Karakter Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia | Kemristekdikti | |||
2017-2018 | Pengembangan Keterampilan Abad 21 Melalui Model Pembelajaran Steam (Science, Technology Engineering, Art, and Mathematics) Pada Pembelajaran Kimia | Kemristekdikti | |||
2016 | Pengembangan Strategi Pembelajaran Kimia Berbasis Multikultur Berdasarkan Analisis Mental Model Siswa Dengan Perbedaan Latar Belakang Budaya | Kemristekdikti | |||
2016 | Analisis Mental Model Calon Guru Kimia Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Kimia | FMIPA UNJ | |||
2015 | Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Socio-Critical and Problem Oriented Sebagai Upaya Pengembangan Soft Skills Siswa Dalam Pembelajaran Kimia | FMIPA UNJ | |||
2014 | Pengembangan Desain Mata Kuliah, Kurikulum Dan Bahan Ajar Green Chemistry Menggunakan Landasan Tranformative Learning Dan Education As Sustainability | FMIPA UNJ |
Pengalaman Pengabdian Masyarakat 5 Tahun Terakhir
No | Tahun | Judul | Pendanaan | |
Sumber | Jumlah (Rp) | |||
Juli 2018 | Pelatihan Pembelajaran Berbasis Budaya di Serang | |||
20 September 2016 | Pelatihan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas di Desa Tanjung Pandang, Belitung | |||
19 September 2015 | Pelatihan Penelitian Model Pembelajaran Kurikulum 2013 di Wonosobo | |||
3 Februari 2014 | Pengabdian Masyarakat Jurusan Kimia UNJ di Pulau Pramuka, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu | |||
Selasa, 26 November 2013 | Deteksi Adanya Pewarna Sintesis (Rhodamine B dan Methanyl Yellow) dalam Makanan serta Penyuluhan Bahayanya Bagi kesehatan Masyarakat pada Ibu-ibu Yayasan TK Al-Manah Haji Ten, Jakarta Timur | |||
26 November 2013 | Pengabdian Masyarakat Jurusan Kimia UNJ di Pulau Pramuka, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu | |||
2006-2013 | Raising the Funds for the Komite Bersama Peduli kemanusiaan (KBPK)/Joint Committee for Humanitarism, Perth, Western Australia. | |||
3 Februari 2014 | Pengabdian Masyarakat Jurusan Kimia UNJ di Pulau Pramuka, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu |
Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal dalam 5 Tahun Terakhir
Jurnal
No | Judul Artikel Ilmiah | Nama Jurnal | Volume/ Nomor/ Tahun/ ISSN |
---|---|---|---|
STEAM Integration in Chemistry Learning for Developing 21st Century Skills | MIER Journal of Educational Studies, Trends and Practices (Thomson Router Index) | 7(2), 2018 | |
Integration of a Socio-Critical and Problem-
Oriented Approach in Chemistry Learning for Students’ Identitas budaya Development |
MIER Journal of Educational Studies, Trends and Practices
(Thomson Router Index) |
7(1), 2017 | |
Dilemmas Story Teaching in Science Learning: A Promise for Developing Students’ Identitas budaya through Critical Thinking and Deep Learning | International Conference Proceeding, International Seminar on Mathematics, Science and Computer Science Education , Bandung, Indonesia | 2013 |
Prosiding
No | Judul Artikel Ilmiah | Nama Jurnal | Volume/ Nomor/ Tahun/ ISSN |
---|---|---|---|
Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation) dalam 5 Tahun Terakhir
No | Nama Temu Ilmiah/ Seminar | Judul Artikel Ilmiah | Waktu dan Tempat |
---|---|---|---|
Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir
No | Judul Buku | Tahun | Jumlah Halaman | Penerbit |
1 | ||||
2 | ||||
3 |
Perolehan HKI dalam 10 Tahun Terakhir
No | Judul/Tema HKI | Tahun | Jenis HKI* | Nomor P/ID)** | |
---|---|---|---|---|---|
Model-model Pembelajaran Kimia Berbasis Karakter | 2017 | Buku | C00201704745 | ||
Pendekatan Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya dan Karakter: Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia | 2017 | Buku | C002017-2977 | ||
Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia | 2017 | Buku | C002017-2976 | ||
Pedoman Pengembangan PCK Guru kimia | 2017 | Buku | C002017-2603 | ||
Mental Model dan Miskonsepsi dalam Pembelajaran Kimia | 2017 | Buku | C002017-2971 |
Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/Rekayasa Sosial Lainnya dalam 10 tahun Terakhir
No | Tahun | Judul/Tema/Jenis Rekayasa Sosial lainnya yang telah Diterapkan | Tempat Penerapan | Respon Masyarakat |
1 | ||||
2 | ||||
3 |
Penghargaan 10 Tahun Terakhir (institusi, asosiasi,atau institusi lainnya)
No | Jenis Penghargaan | Institusi Pemberi Penghargaan | Tahun |
---|---|---|---|