Dalam rangka menjalankan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Kimia dan Pendidikan Kimia UNJ telah melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Waringin Kurung, Cilegon pada 18 Agustus 2018 lalu.

Semua dosen ikut serta dan terlibat menjadi pemateri dalam setiap tema. PKM kali ini mengangkat 10 tema, yaitu:

  1. Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTs
  2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study
  3. Pendidikan Berbasis Budaya
  4. E-Learning for Teachers
  5. Pengawetan Ikan dengan Kitosan dan Pengasapan
  6. Pengolahan Sampah
  7. Pembuatan Pupuk Kompos
  8. Mengenal Zat Aditif Pada Makanan
  9. Pembuatan Minuman Herbal
  10. Mengenal Bahaya Narkoba

Masyarakat sasaran pada kegiatan PKM ini adalah guru-guru SD, SMP, SMA, ibu-ibu PKK dan remaja Karang Taruna. Melalui program PKM ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengelola potensi sumber daya lokal yang dimiliki, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, baik dari sisi pendidikan, kesehatan diri dan lingkungan serta perekonomian.

Ditemui di ruang Koordinator Program Studi Pendidikan Kimia, Dr. Maria Paristiowati, M.Si berharap dengan adanya kegiatan PKM ini mampu meningkatkan kualitas kinerja dosen di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni.

Dengan demikian akan terlihat nyata peran serta dosen dan kontribusi positifnya terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak hanya melalui pendidikan formal, tetapi melalui pendidikan nonformal seperti ini. Harapan ke depannya adalah kegiatan pengabdian yang dilakukan di suatu wilayah secara kontinu akan menjadikan wilayah tersebut sebagai wilayah atau desa binaan yang berbasis pengembangan potensi daerah dan sumber daya lokal berdasarkan analis kebutuhan. (Dian Fitriani)IMG_20180818_103743_247

Similar Posts