Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menggambarkan kompetensi sebagai berikut:

1. Kompetensi Utama

  • Mempunyai kemampuan kepribadian dan sosial yang meliputi kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya serta mampu mengomunikasikannya melalui kegiatan ilmiah.
  • Menguasai materi dan kurikulum pelajaran fisika pada tingkat sekolah menengah.
  • Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran fisika di tingkat sekolah menengah.
  • Mampu mengelola kelas, laboratorium, dan workshop fisika pada tingkat sekolah menengah.
  • Mampu mendayagunakan berbagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran fisika.
  • Memahami penyelenggaraan manajemen dan administrasi sekolah.
  • Mampu mengikuti penyelenggaraan manajemen dan administrasi sekolah.
  • Mampu mengikuti perkembangan terbaru di bidang pendidikan fisika, meneliti, dan mengelolanya untuk pengembangan metode pembelajaran fisika.
  • Mampu mengembangkan diri menjadi profesional di bidang pendidikan.

2. Kompetensi Pendukung

  • Memiliki wawasan kewirausahaan dalam pengembangan diri sesuai bidang kepeminatannya.
  • Memiliki nilai-nilai¬†olympisme¬†untuk penunjang pengembangan diri dan berkehidupan bermasyarakat.

 

Visi

Menjadi pusat unggulan di bidang pendidikan, proses pembelajaran, dan penelitian bidang pendidikan fisika sehingga mampu berkompetisi pada tingkat nasional dan internasional.

 

Misi

  • Menyiapkan tenaga kependidikan fisika yang berkualitas sehingga kompetitif, mampu meneliti dan menerapkannya pada lembaga pendidikan di tingkat nasional dan internasional.
  • Menyiapkan lulusan untuk dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam riset bidang fisika dan penerapannya sesuai dengan bidang kepeminatannya.
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki wawasan keilmuan, keterampilan, kewirausahaan, dan nilai-nilai olahraga sehingga mampu mengembangkan diri di masyarakat.

 

Tujuan

  • Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang berkualitas sehingga kompetitif, mampu mengembangkan diri, meneliti dan menerapkannya pada lembaga pendidikan.
  • Menghasilkan tenaga guru sains/ fisika pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
  • Menghasilkan tenaga pengelola laboratorium di tingkat sekolah menengah.