Profil

Lulusan Program Studi Pendidikan Fisika memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menggambarkan kompetensi sebagai berikut:

1. Kompetensi Utama

  • Mempunyai kemampuan kepribadian dan sosial yang meliputi kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya serta mampu mengomunikasikannya melalui kegiatan ilmiah.
  • Menguasai materi dan kurikulum pelajaran fisika pada tingkat sekolah menengah.
  • Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran fisika di tingkat sekolah menengah.
  • Mampu mengelola kelas, laboratorium, dan workshop fisika pada tingkat sekolah menengah.
  • Mampu mendayagunakan berbagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran fisika.
  • Memahami penyelenggaraan manajemen dan administrasi sekolah.
  • Mampu mengikuti penyelenggaraan manajemen dan administrasi sekolah.
  • Mampu mengikuti perkembangan terbaru di bidang pendidikan fisika, meneliti, dan mengelolanya untuk pengembangan metode pembelajaran fisika.
  • Mampu mengembangkan diri menjadi profesional di bidang pendidikan.

2. Kompetensi Pendukung

  • Memiliki wawasan kewirausahaan dalam pengembangan diri sesuai bidang kepeminatannya.
  • Memiliki nilai-nilai olympisme untuk penunjang pengembangan diri dan berkehidupan bermasyarakat.

 

Visi

Menjadi pusat unggulan di bidang pendidikan, proses pembelajaran, dan penelitian bidang pendidikan fisika sehingga mampu berkompetisi pada tingkat nasional dan internasional.

 

Misi

  • Menyiapkan tenaga kependidikan fisika yang berkualitas sehingga kompetitif, mampu meneliti dan menerapkannya pada lembaga pendidikan di tingkat nasional dan internasional.
  • Menyiapkan lulusan untuk dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam riset bidang fisika dan penerapannya sesuai dengan bidang kepeminatannya.
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki wawasan keilmuan, keterampilan, kewirausahaan, dan nilai-nilai olahraga sehingga mampu mengembangkan diri di masyarakat.

 

Tujuan

  • Menghasilkan sarjana pendidikan fisika yang berkualitas sehingga kompetitif, mampu mengembangkan diri, meneliti dan menerapkannya pada lembaga pendidikan.
  • Menghasilkan tenaga guru sains/ fisika pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
  • Menghasilkan tenaga pengelola laboratorium di tingkat sekolah menengah.