Ditulis oleh: Yolanda Devi Suci Andjani 

Virtual Capstone Experience adalah workshop design thinking yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Malaysia. Workshop Virstual Capstone merupakan workshop daring internasional yang diikuti oleh Universitas Negeri Jakarta, University Technology Brunei, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, dan King Mongkut University of Technology Thonburi. Virtual Capstone Experience 4.0 atau ViCE 4.0 berkecimpung dalam pengembangan keterampilan abad 21 dengan menerapkan design thinking dalam menyelesaikan  permasalahan nyata dari komunitas lokal.  

Hari pertama berlangsung pada tanggal 5 Maret 2022. Di hari ini peserta belajar tentang desain 3D. Materi ini dibawakan oleh Muhammad Haziq Jazli & Muhammad Izzul Asyraf Bin Zulhairill. Dimulai pada pukul 07.00, kami belajar tentang dasar-dasar desain 3D. Kami belajar bagaimana cara mendesain 3D menggunakan perangkat lunak bernama “Solidwork”. Peserta belajar bagaimana menggunakan shortcut, units/dimention, plane, sketch, extrude, revolve, sweep, dan lofted. Dan kemudian peserta istirahat. Setelah istirahat, sepesertar jam 1 siang kelas dimulai lagi. Sekarang peserta belajar bagaimana rendering dan visualization desain 3D menggunakan solidwork mereka juga memberi peserta latihan. 

Hari kedua dimulai pada tanggal 12 Maret 2022. Pada hari ini peserta diajak untuk saling berkenalan lebih dekat dengan anggota grup dan juga TA dari masing-masing grup. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 s/d 10.00 WIB. Pertama peserta semua diarahkan untuk memasuki breakout room yang telah disediakan. Disana peserta bermain game agar saling kenal dan saling erat sebagai grup. Peserta bermain tebak gesture, tebak nama, dan lain sebagainya. Kegiatan ini dipandu oleh TA dari masing-masing grup. 

Berikutnya, dilanjutkan dengan acara Virtual Monitoring For Project Management & How to Create Product Proposal. Pemateri pada modul ini ialah Prof. Madya Dr. Rozeha Binti A. Rashid pada pukul 10.30 s/d 12.30 WIB. Pada modul kali ini pemateri menjelaskan mulai dari bagaimana cara membuat proposal produk, kerangka proposal produk, teknik analisis suatu produk, hingga bagaimana cara agar klien tertarik dengan produk peserta lewat proposal. Ia juga menjelaskan 3 elemen penting dalam suatu produk yaitu fitur, waktu, dan biaya. Ketiga elemen penting itu akan menentukan bagaimana kualitas dari produk yang akan peserta buat. Ada banyak teknik analisis suatu produk yaitu NABC, SWOT, STEEM, dll. 

Sesi selanjutnya yaituVirtual Monitoring On How to Conduct an Interview. Pada sesi ini peserta dijelaskan ap aitu interview dan tujuan dari dilakukannya interview. Pembawa materinya yaitu Dr. Mahyuddin Bin Arsat. Beliau membawa materi dengan penuh interaktif sehingga merasa menyenangkan. Beliau juga menjelaskan bagaimana cara mengadakan interview yang baik dan benar serta menangani narasumber yang berbeda-beda agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Pada hari berikutnya, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2022. Sesi ini berlangsung sebentar saja karena hanya membahas terkait persiapan wawancara kepada komunitas lokal. Peserta awalnya di briefing oleh Angelica selaku president ViCE 4.0 tentang siapa saja narasumbernya, apa tujuan diadakannya interview, serta apa saja yang harus peserta lakukan Ketika interview. Kemudian peserta diarahkan ke breakout room dan berdiskusi dengan kelompok masing-masing tentang problem statement apa yang akan diangkat besok ketika sesi interview. Salah satu narasumbernya yaitu FELCRA BERHAD. 

Pada hari berikutnya, tanggal 19 Maret 2022, sesi ini peserta disuruh untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang IoT yang telah diterapkan oleh para narasumber. Hal ini bertujuan agar para peserta mendapatkan ide untuk menentukan projek akhirnya. Salah satu narasumbernya yaitu FELCRA BERHAD, yaitu BUMN Malaysia yang bergerak dibidang pertanian padi, perkebunan kelapa sawit serta pohon karena grup 1-3 mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai mereka 

Pada hari berikutnya di tanggal 26 Maret 2022, pada hari ini peserta melaksanakan kegiatan analisis bagian 1 dan 2. Pada bagian 1 dibawakan oleh Dr. Rashidah Binti Arsat dan part 2 dibawakan oleh Encik Ahmad Shahidah Bin Abdullah. Part 1 peserta diajarkan dan dibimbing tentang bagaimana mendefinisikan masalah, klasterisasi data, personifikasi dan problem statement. Pada part 2 peserta diajarkan bagaimana cara brainstorming yang baik serta tips nya agar mendapatkan ide yang terbaik. 

Berikutnya, dilaksanakan modul Virtual Workshop on Blynk, Sensor and IoT. Modul ini berlangsung 2 hari, pada hari pertama yaitu 1 April 2022 peserta diperkenalkan dengan sensor, transduser, IoT, mikrokontroler, aplikasi Blynk, dan software Tinkercode untuk memprogram esp32 dengan mudah. Pada hari pertama ini setelah dijelaskan dasar-dasarnya secara teori, lalu peserta praktek dengan memprogram LED-RGB sehingga bisa menyala dan dapat dipantau melalui Blynk secara web. 

Kemudian, pada hari kedua, peserta memprogram berbagai macam sensor yang telah disediakan oleh pihak UNJ yaitu seperti sensor ultrasonic, sensor infrared, sensor cahaya, sensor suhu dan kelembaban, sensor gas alcohol, serta motor servo. Tahap ini peserta bukan hanya dapat mengendalikan secara jarak jauh melalui web, namun peserta juga diajarkan bagaimana mengendalikan itu semua melalui hp peserta dengan menggunakan aplikasi Blynk pada hp peserta. 

Terakhir, pada tanggal 23 April dilaksanakan penutupan acara ViCE 4.0 dengan diawali dengan penampilan lagu kebangsaan dari masing-masing negara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman peserta terbaik dan dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan. 

Page Break 

Lampiran 1. Kegiatan 5 Maret 2022 

Graphical user interface, website

Description automatically generated Graphical user interface

Description automatically generatedPage Break 

Lampiran 2. Kegiatan Tanggal 12 Maret 2022 

Page Break 

Lampiran 3. Kegiatan Tanggal 26 Maret 2022 

Page Break 

Lampiran 4. Kegiatan Tanggal 1 April 2022 

Page Break 

Lampiran 5. Kegiatan Tanggal 23 April 2022 

Similar Posts