Jakarta, 13-15 Juni 2022

Ditulis oleh: Fauzan Akmal Subarnas dan Yolanda Devi

ASIIN atau Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics merupakan kegiatan pengakreditasian yang diikuti oleh 6 program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 13 sampai 15 Juni 2022. Enam program studi yang melakukan akreditasi internasional tersebut diantaranya, Sarjana Kimia, Sarjana Pendidikan Kimia, Magister Pendidikan Kimia, Sarjana Biologi, Sarjana Pendidikan Biologi dan Magister Pendidikan Biologi. Masing-masing program studi tentunya melakukan persiapan dalam rangka mengikuti kegiatan tersebut salah satunya adalah perapihan website program studi yang nantinya akan diperiksa kelengkapannya oleh pihak ASIIN. Perapihan website tersebut bekerja sama dengan dosen dan mahasiswa untuk mengefisienkan waktu. Selain mempersiapkan website, dosen pun mempersiapkan berbagai dokumen untuk diserahkan kepada pihak ASIIN.

Rangkaian akreditasi ini terdiri dari wawancara mulai dari tanggal 13-15 Juni yang terdiri dari wawancara mulai dari tingkatan rektor, dekan fakultas, koorprodi, dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder. Masing-masing program studi wajib mengirimkan masing-masing perwakilannya dalam rangkaian acara tersebut. Pada tanggal 13 Juni 2022, penilaian akreditasi ASIIN dimulai dengan pengauditan yang dilakukan oleh assessor ASIIN kepada Dekanat dan Prodi yang dihadiri oleh Prof. Dr. Komarudin, M.Si. selaku Rektor UNJ, Dr. Totok Bintoro, M.Pd., selaku Wakil Rektor UNJ, Prof. Muktiningsih Nurjayadi selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Esmar Budi, S.Si., M.T. selaku Wakil Dekan I, Drs. Sudarwanto, M.Si. selaku Wakil Dekan II, Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. selaku Wakil Dekan III, Dr. Afrizal, M.Si. selaku Koorinator Program Studi Magister Kimia, Yuli Rahmawati, PhD. selaku Koordinator Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Dr. Fera Kurniadewi, M.Si. selaku Kooridinator Program Sarjana Studi Kimia, Dr. Supriyatin, M.Si. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Rusdi, M. Biomed. Selaku Koordniator Program Studi Sarjana Biologi, Dr. Reni Indrayanti, M.Si., Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M.Si., dan Eka Putri Azrai, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh stakeholders yaitu Nahdiana, M.Pd., Rahmat, M.Pd., Suparno, M.Pd., Dr. Mariam Nasution, MPd., Ayi Rusmadi, S.Pd., Yulinda Asnita, M.Pd., Temu Rahayu, M.Biomed., dan Prof. Yamashiro. Pada hari ini tim assessor akan menilai mengenai topik kurikulum, tujuan dan harapan dari masing-masing program studi, fasilitas untuk mahasiswa, pertukaran internasional, relasi UNJ dengan mitra industri, tesis, perspective pekerjaan, dan program magang.

Pada 15 Juni 2022, diadakan penilaian ASIIN yang kedua bersama mahasiswa, alumni, dan dosen. Acara ini dihadiri oleh Yolanda Devi, Annisa Eka, Dyanra Azzahra, Fauzan Akmal, Lintang Rizkyta, Alin Mardiah, Jefferson Declan, Nicolas, Ilham Maulana, Emily Priscilla, Rizky Harahap, Peralihan Pertiwi, Naufal Ma’arif, Samuel, Pramita Cucu, dan Octaviano Hartanto selaku perwakilan dari tim mahasiswa dan alumni. Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Afrizal, M.Si. selaku Koorinator Program Studi Magister Kimia, Yuli Rahmawati, PhD. selaku Koordinator Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Dr. Fera Kurniadewi, M.Si. selaku Kooridinator Program Sarjana Studi Kimia, Dr. Supriyatin, M.Si. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Rusdi, M. Biomed. Selaku Koordniator Program Studi Sarjana Biologi, Dr. Reni Indrayanti, M.Si., dan Dra. Tritiyatma Hadinugrahaningsih, M.Si. selaku perwakilan dari tim dosen. Pada hari ini tim assessor akan menilai mengenai topik kurikulum, tujuan dan harapan dari masing-masing program studi, fasilitas untuk mahasiswa, dan pertukaran internasional.

Similar Posts