Dalam Yudisium MIPA yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 27 Agustus 2020, salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Kimia angkatan 2016 Shinta Yuliana menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,78. Shinta menyelesaikan studi S1 selama empat tahun. Bagi Shinta, motivasi terbesar untuk menyelesaikan studi tepat waktu adalah harapan orang tua yang menginginkannya untuk dapat lulus tepat waktu, sebelumnya Shinta tidak berpikir bahwa dirinya akan menjadi lulusan terbaik, menurutnya itu semua merupakan nilai tambah atas usahanya selama ini.

Selama berada di bangku perkuliahan hal berkesan yang pernah dirasakan Shinta adalah ikatan persaudaraan di dalam kelasnya yang begitu hangat, baginya kesuksesan tidak diraih dengan kerja keras seorang diri tanpa melibatkan bantuan orang lain. Selain itu, komunikasi yang baik dengan dosen juga merupakan hal yang berkesan bagi dirinya, benefit yang Shinta dapatkan adalah Shinta mendapatkan pembelajaran mengenai sopan santun, etika serta bagaimana prospek kerja ke depan untuk masa depan yang lebih baik. Dibalik hal berkesan yang Shinta alami tidak terlepas dari duka yang dirasakan yakni tugas perkuliahan yang dapat dibilang padat materi serta pengaturan waktu yang begitu ekstra.
Jadwal perkuliahan yang begitu padat tidak membuat Shinta untuk tidak aktif di luar kelas, selama kuliah Shinta aktif menjadi guru bimbel/privat, aktif mengikuti seminar dan pelatihan terutama yang berhubungan dengan bahasa Inggris dan desain grafis. Setelah lulus, Shinta berencana menempuh karir dalam dunia kerja dan mencoba memulai bisnis sembari menambah pengalaman, Shinta juga berencana melanjutkan studi S2 setelah memiliki cukup pengalaman dan mapan.
Berikut tips-tips dari Shinta untuk mahasiswa yang kini sedang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan:

  1. Saling membantu, membimbing dan memberi semangat dengan teman-teman seperjuangan
  2. Membangun relasi antar mahasiswa baik satu angkatan, kakak tingkat, adik tingkat serta dengan dosen dan staf-staf di lingkungan prodi/ fakultas
  3. Pintar dalam mengatur waktu, organisasi sangat penting namun jangan melupakan kewajiban utama sebagai mahasiswa
  4. Meningkatkan semangat belajar
  5. Merawat motivasi diri dan membuat tujuan kedepan

Selamat kepada Shinta Yuliana atas prestasinya, semoga dapat menginspirasi mahasiswa lain yang kini sedang menimba ilmu di bangku perkuliahan. (Rezti Wahyu Noviyanti)


Similar Posts

Leave a Reply