IPB memberikan fasilitas untuk memperkuat kerja sama serta jejaring internasional melalui Summer Course Program dan Exchange Program. Khusus untuk penyelenggaraan Program Summer Course IPB tahun 2020 karena merebaknya pandemi (COVID-19) sejak awal tahun maka program dilakukan secara daring atau online dengan menggunakan aplikasi Zoom us dan Google Class Room. Summer Course online 2020 bekerjasama dengan beberapa universitas antara lain IPB University (INA) dan Villanova University (USA), dengan pembicara yang berasal dari beberapa universitas yaitu Maejo University (Thailand), University Putra Malaysia (Malaysia), dan Villanova University (USA).

Program Summer Course ditawarkan kepada mahasiswa asing di institusi mitra kerjasama IPB di luar negeri. Namun, program ini juga tidak tertutup bagi peserta dalam negeri termasuk Universitas Negeri Jakarta (INA) dan beberapa universitas negeri lainnya. Rangkaian kegiatan Summer Course Agroindustry IPB dilaksanakan dari tanggal 5 Oktober sampai 14 November 2020. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media Zoom us, Google Classroom, dan YouTube. Program-program Summer Course antara lain diselenggarakan untuk mengintegrasikan kegiatan perkuliahan dan praktek lapang, sehingga peserta (mahasiswa asing) selain memperoleh wawasan keilmuan dalam bidang biodiversity dan budaya yang diperoleh melalui perkuliahan (Google Classroom) juga dapat memperoleh pengalaman virtual lapang melalui praktek, designing thinking, pengenalan kekayaan keanekaragaman hayati hutan tropis secara virtual di lapangan, dan merumuskan projek yang relevan dengan sumber daya yang telah ada yaitu kopi, coklat, dan teh. Program Summer Course diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam problem solving, critical thinking, dan berkomunikasi dengan budaya sama maupun berbeda (multikultural).

Tujuan dari penyelenggaraan program Summer Course ini antara lain untuk:

  1. Mengembangkan materi Summer Course lintas disiplin yang berbasis perkembangan berkelanjutan.
  2. Menumbuhkan budaya kerja sama lintas disiplin keilmuan dalam suasana multikultural bagi mahasiswa IPB dan mahasiswa yang tergabung dalam program Summer Course 2020.
  3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam problem solving, critical thingking, communication, collaboration, dan HOTs.
  4. Mengembangkan ilmu yang memanfaatkan pertanian yang ada di Indonesia untuk pemanfaatan yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Acara Summer Short Courses on Sustainable Agroindustry ini memberikan kesan yang luar biasa baik bagi peserta khususnya mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Peserta Summer Course 2020 dapat mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah dibayangkan ataupun dilakukakan oleh peserta terkait dengan sustainability, cara memproduksi kopi, cara memproduksi teh, cara memproduksi coklat, bagaimana menyusun design thinking, dan merencanakan sebuah projek. Selain itu, peserta mendapatkan teman baru dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara. Peserta juga memperoleh pengalaman luar biasa yaitu bekerja sama menyelesaikan suatu proyek dengan teman-teman dari universitas berbeda dalam suatu kelompok. Melalui berbagai diskusi yang peserta lakukan, peserta mempelajari berbagai budaya, cara berkomunikasi, berdiskusi, berbagi informasi terkait projek yang sedang dikembangkan, serta meningkatkan soft skill dalam berkolaborasi. Selain itu, dosen-dosen yang terlibat pada Summer Course ini sangat membantu kami khususnya dalam memahami materimateri melalui penjelasan yang mudah dipahami dan interaktif

Dokumentasi

Similar Posts

Leave a Reply